Senin, 02 September 2019

Mengenal Khasiat Rempah-Rempah Dapur


Sepertinya bahasan kali ini sudah tidak asing lagi kita temui sehari-hari. Apalagi bagi kita ibu-ibu yang kesehariannya ngga lepas dai dapur. Mau itu ibu rumah tagga ataupun wanita karier, sepertinya dapu adalah tempat yang wajib untuk kita datangi meskipun hanya menu sederhana dan andalan yang bisa kita sajikan. Ditambah lagi kita hidup di negara yang memiliki potensi tanaman yang melimpah dan beragam. Beragam jenis dan rupanya tentu beragam pula manfaat besar lainnya. 

Nah kali ini yang ingin saya bahas bukan resep loh yah. Tetapi yuk kita mengulik khasiat rempah-rempah yang ada didapur. Ternyata kalau kita ingin mencari tahu dan banyak membaca, rempah-rempah yang ada didapur yang kita olah setiap hari itu menyimpan banyak manfaat loh apaagi dalam segi kesehatan. Penasaran? Yuk kita bahas dan cari tahu sama-sama. 

1. Jahe

Dengan bumbu dapur yang satu ini tentu tidak asing lagi yah. Baunya yang khas saja bisa langsung memberikan kesegaran tersendiri ketika kita menghirupnya. Rempah yang satu ibi biasanya sering dianfaatkan ketika ingin membuat minuman yang bisa berkhasiat memberikan kehangatan. Dengan rasanya yang sedikit panas dan manis memberikan sensasi tersendiri ketika diseduh. Bnya yang mengolahnya menjadi bubuk supaya mudah diolah danlangsung diminum jika ingin mengkonsumsinya. Sudah tidak perlu repot lagi untuuk mengupas dan memotongnya Dipasaran sudah banyak yang menjualnya dalam bentuk bubuk lengkap dengan campuran gula arennya. Katanya, jahe cocok nih buat yang lagi program diet karena kandugan termogenik didalamnya mampu mengurangi nafsu makan loh. 

2. Kunyit 

Si kuning yang satu ini pun memiliki kekhasannya juga loh. kalau mau mengelolah bumbu yang satu ini harus rela kalau tangannya berubah menjadi warna kuning yah. Selain utnuk bumbu dapur kunyit juga sering dimanfaatkan untuk mengobati luka loh. Persis seperti antiseptik yang mampu mengurangi peradangan pada luka. Selain itu juga bermanfaat mengurangi flu, melancarkan pernafasan, menyembuhkan diare dan masalah organ pencernaan.  

3. Kayu Manis 

Sama seperti namanya, rempah dapur yang satu ini memiliki rasa yang manis dan kuat. Cocok jika dicampur kedalam sop atua bahkan dalam mengelolah daging. Katanya, bagi yang menderita diabetes kalau saat perut dalam kondisi kosong ketika mengkonsumsinya dapat membantu mengatur glukosa darahnya dan kolestrol jahat yang ada didalam tubuh. Selain itu juga dapat membantu mencegah radikal bebas, serta bagi yang sedang ata baru sembuh dari sakit jika mengkonsumsi rempah satu ini mampu mendorong nafsu makan. 

4. Cengkeh 

Si kecil-kecil namun bermanfaat selanjutnya adalah cengkeh. Kandungan yang ada didalam rempah satu ini mampu melenyapkan bakteri pada gigi sehingga bisa menghilangkan bau mulut. Bahkan dalam dunia kedokteran, katanya cengkeh dimanfaatlan sebagai alah satu campuran dalam -obat-obatan. Senyawa pada cengkeh kaya akan anti inflamasi yang dapat membantu penderita rematik, mengobati perdangan hingga yang infeksi. 

5. Lada Hitam

Bentuknya bulat dan merupakan rempah dalam bentuk butiran dengan rasanya yang pedas dan kuat. Ciri tanamanan rempah ini adalah merambat jadi biasanya kalau menanam tanaman ini diperlukan pohon yang tinggi dan kuat untuk membantunya tumbuh. Selain sebagai rmpah juga bisa dimanfaatkan sebagai antipiretik, penghilang kejang serta antioksidan dan diuretik. Juga bisa membantu dalam menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi dan membantu tubuh dalam menghambat penyerapan kolesterol. 

Itulah 5 (lima) rempah dapur yang memiliki khasiat selain bisa untuk bahan penyedap makanan juga memiliki khasiat-khasiat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sebenarnya masih banyak lagi rempah-rempah khas Indonesia lainnya yang tidak kalah banyak manfaatnya. Lain kali kita bahas lagi yah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...