Belum Haid Paska Melahirkan? Jangan Cemas Dulu Moms


Mama Muda apalagi ibu baru pasti bertanya-tanya dan harap-harap cemas nih kalau setelah melahirkan, haidnya masih belum datang-datang juga atau masih sudah hilang timbul beberapa bulan sekali. Ini biasanya jadi curhatan antar ibu-ibu muda nih. Sebenarnya sih curhatan saya dan teman-teman dekat saya juga sih. hehhe. 

Kalau rasanya belum haid, mikirnya nggak jauh-jauh dari pikiran apa ngisi lagi yah. Kalau ngisi lagi bukannya bermaksud tidak bersyukur cuma anak kan masih kecil. Belum juga satu tahun masa udah mau punya adik agi. Apa nggak krapatan nanti antar adek dan kakak ya. Pokoknya sekelebt pertanyaan khas ibu baru muncul. Mulai cari h chat teman, dan langsung cus curhat. 

Nah, demi memuaskan rasa penasaran tersebut kalau saya sih biasanya kalau nggak nanya sama teman yang sudah memiliki pengalaman lebih dulu atau bahkan kadang orang tua sendiri karena kalau mau nanya sama kakak kebetulan saya anak pertama hehehe

Dan ternyata eh ternyata ada jawaban ilmiahnya loh. Kenapa belum juga haid beberapa bulan pasca melahirkan. Simak yuk.

Menurut hasil penelitian yang sudah dilakukan WHO, wanita setelah melahirkan akan mengalami haid kembali dalam rentan waktu 4 hingga 10 bulan setelah melahirkan. Namun, tidak menutup kemungkinn ada juga yang mengalami menstruasi kembali setelah 15 - 18 bulan setelah melahirkan apalagi jika ibu tersebut memberikan ASI eksklusif, bisa saja menstruasi kembali lagi seteah 18 - 24 bulan melahirkan.

Kalau dari pengalaman pribadi saya, melahirkan anak pertama saya menstruasinya kembali setelah 10 bulan setelah melahirkan. Meskipun terkadang setelah itu haidnya masih belum teratur dan terkadang datang 2 bulan sekali. Awalnya saya juga penasaran, apakah hal ini wajar atau tidak namun setelah saya konsultasi dengan bidan dan sudah diperiksa, belum ada gejala kehamilan kembali. Kalau kata bidan itu hal wajar karena saya juga memberikan ASI ekslusif untuk anak.

Nah, jika sudah kembali normal haidnya itu tandanya ibu sudah memasuki masa subur. Dan jika masih ingin memberi jarak untuk kehamilan berikutnya boleh juga moms untuk mempersiapkan dan memilih kontrasepsi apa yang ingin dilakukan atau mungkin moms juga bisa memilih KB alami.

Jadi, masih penasaran kenapa haidnya belum datang kembali, moms? Bisa dikatakan intinya belum hai kembali setelah melahirkan bisa terjadi arena beberapa faktor. Pemberian ASI eksklusif dan  lamanya pemberian ASI eksklusif tersebut bisa menjadi salah satu faktornya atau juga dari segi kelelahan, keseimbangan hormon tiap-tiap wanita, atau mungkin baby blues. Jika moms masih penasaran dan ingin lebih paham, moms juga bisa berkonsultasi langsung dengan bidan atau dokter kepercayaan moms supaya semua menjadi lebih jelas dan semakin banyak pengetahuannya.

Saya sendirinya juga masih banyak yang ingin dipelajari sih moms. Ternyata banyak hal baru setelah menjadi seorang ibu ya moms. Semakin banyak kita mencari tahu baik dari artikel, teman ataupun dari kenalan yang sudah lebih memiliki pengalaman yang lebih semakin kita paham dan mampu menyikapinya dengan baik.


Komentar

  1. Dulu saya juga khawatir sudah lebih dari 40 hari tidak datang haid setelah melahirkan, namun ternyata itu hal yang normal apalagi juga memberi Asi, alhamdulillah pas 3 bulan melahirkan haid datang kembali :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...

Postingan populer dari blog ini

HONOR 8A Kenyamanan Dalam Mendengarkan Musik

Bukan Sekedar Komunitas, Tapi Sudah Seperti Keluarga

Kopi Gading Cempaka, Kopi Asli Bengkulu Yang Berani Beda