Bijak Menggunakan Media Sosial Bisa Menjaga Bumi


Teknologi kemunikasi saat ini membawa perubahan yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mengambil pernanan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti yang sudah kita ketahui dan kita rasakan sendiri, teknologi komunikasi menjadi suatu media perantara yang din diri. Bahkan kita juga sudah merasakan bahwa dunia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sudah bisa dikatakan sebagaian dari kita sudah sangat beradaptagunakan manusia untuk dapat melakukan berbagai interaksi dan mengekspresikasi dengan berbagai perkembangan teknologi tersebut. 

Dampak Positif Perkembangan Teknologi Komunikasi 

1.    Dapat menghubungkan komunikasi kapan pun dan dimanapun. 

2.    Dapat cepat menyebarkan informasi 

3.    Adanya media sosial 

4.    Perantara dalam berbagi

5.    Dapat memajukan dunia pendidikan 

6.    Dapat membantu mengembangkan usaha 

7.     Adanya kegiatan berbasis internet dan elektronik

Munculnya aktivitas-aktivitas berbasis elektronik ini sudah pasti sangat membantu kegiatan sehari-hari. Dengannya, dimensi ruang dan waktu tidak lagi menjadi hambatan. Selain itu, dengan adanya teknologi dan komunikasi semakin membantu di bidang pendidikan, kesehatan, transportasi, jasa pengiriman, bisnis serta tak luput juga di bidang perbankan. Hal ini juga karena pengolahan data semakin cepat serta menjadi lebih efisien. Perkembangan teknologi dan komunikasi pun semakin berkembang dengan pesat seiring dengan ditemukannya alat-alat yang lebih canggih. 

Fungsi dari media sosial juga banyak yaitu : 

  • Untuk berkomunikasi 
  • Branding 
  • Melakukan Usaha / Bisnis
  • Marketing 

Namun, dibalik itu semua perlu kita sadari juga bahwa ada hal-hal negatif yang juga akan  menyertai dibelakngnya jika kita tidak bijak dalam memfilternya. 

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi 

1.    Gangguan kesehatan fisik

2.    Gangguan kesehatan mental 

3.    Munculnya berita hoaks 

4.    Adanya konten negatif 

5.    Mengganggu komunikasi di dunia nyata / menurunkan kemampuan sosial 

6.    Cyberbullying

7.     Bocornya informasi personal 

8.    Pornografi, perjudian dan penipuan. 

9.    Membandingkan diri dengan orang lain 

10. Kecanduan terhadap internet 

Internet dan gadget adalah beberapa hasil dari kemajuan teknologi tersebut. Jarak dan waktu bukan menjadi pengahalang untuk kita terus berbagi informasi. Hingga, kemajuan dibidang media sosial pun bukan menjadi hal yang asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Bisa kita pahami bahwa media sosial sebagai salah satu platform yang menyediakan fasilitas untuk melakukan berbagai kegiatan sosial untuk setiap penggunanya seperti melakukan komunikasi atau berinteraksi secara daring. Tak jarang juga hingga memberikan berbagai informasi ataupun konten berupa foto, tulisan dan juga video yang bisa dibagikan dan dibuka untuk semua pengguna selama 24 jam penuh. 

Adapun media sosial yang sering kita gunakan saat ini adalah Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter yang saat ini sudah berganti menjadi X, Tiktok dan masih banyak lagi lainnya. Laporan We Are Social menunjukkan, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta orang pada Januari 2023 setara dengan 60,4% dari populasi di dalam negeri. Hal ini tentunya akan bertambah seiring dengan kemudahan akses yang mempengaruhinya.


Hubungan Kemajuan Media Sosial Dengan Menjaga Bumi


Media sosial sebagai salah satu platform dalam menghubungkan berbagai informasi yang ingin disebarkan kepada publik memiliki peranan yang tak kalah penting. Dengan adanya media sosial kita bisa melihat bagaimana kondisi bumi kita diberbagai belahan dunia. Mencontoh hal-hal positif dari apa yang mereka bagikan, membaca dan turut mendukung berbagai aktivitas-aktivitas yang merujuk kepada aksi cinta lingkungan dan lain sebagainya. 

 

Namun, perlu kita ketahui juga dibalik tindakan positif yang ingin kita cari dari memanfaatkan media sosial ternyata membawa dampak negatif terhadap bumi, Kenapa seperti itu? Ternyata setiap kita berinteraksi di media sosial ternyat akita meninggalkan jejak karbon dimana jejak karbon ini adalah jumlah karbon atau gas emisi yang dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia pada kurun waktu tertentu. Jejak karbon yang dihasilak akan memberikan dampak negatif bagi kehidupan di bumi. Maka dari itu, kita harus tetap bijak dalam menggunakan media sosial. 

 

Beberapa hal yang bisa dilakukan supaya bisa mengurangi dampak negatif dalam bermedia sosial adalah : 

  • Membatasi waktu dalam menggunakan media sosial 
  • Menghindari bermain sat jam-jam tertentu. 
  • Mematikan notifikasi media sosial 
  • Nonaktifkan pemutaran film putar otomatis 
  • Bersihkan kotak email secara teratur

 

Mari kita #BersamaBergerakBerdaya dan jangan lupa selalu ikuti challange https://teamupforimpact.org/team-up-everyday/play . Bersama bijak dengan penggunaan media sosial dan menjadi bagian #TeamUpForGreenDigital 

 

 

Sumber : 

https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023 

https://tekno.republika.co.id/berita/r7p3zi368/daftar-aplikasi-medsos-yang-tinggalkan-jejak-karbon-terbanyak


Posting Komentar

15 Komentar

  1. emang ya media sosial nih punya dua sisi koin. kalo nggak bisa memanfaatkan dengan baik bakalan berdampak buruk. nah, kita ternyata juga bisa menggunakan media sosial untuk mengedukasi org banyak dalam menjaga lingkungan

    BalasHapus
  2. Ini masih PR banget buatku ssiii, mengurangi main medsos wkwkwk. Padahal tiap kita maen medsos ternyata meninggalkan jejak karbon dimana jejak karbon. Dan dampaknya bahaya banget buat bumi. Mending membatasi mulai sekarang deh buat jaga bumi kita lebih baik.

    BalasHapus
  3. Dipikir-pikir memang menjaga bumi itu sulit ya. Yang lebih ribet, nggak semua orang mau peduli hingga akhirnya jadi capek sendiri. Bahkan pemerintah aja nggak gerak banyak soal ini.

    BalasHapus
  4. Menurut saya, segala sesuatu itu awalnya dibuat untuk membantu kita. Nah, orang-orang yang tak bertanggung jawab saja yang menyalahgunakan.
    Misalnya media sosial. Kalau dipakai dengan bijak, akan sangat bermanfaat. dari mencari informasi, lowongan kerja, sampai jualan. Akhirnya bisa menambah wawasan dan juga menambah cuan.

    BalasHapus
  5. Gak disangka ya Kak ternyata kalo kelamaan scroll medsos di HP juga gak baik karena menghasilkan emisi yang buruk bagi bumi. Kduu diatur lagi maksimal durasinya.

    Langsung OTW bersihiin email, demi bumi tercinta.

    BalasHapus
  6. Menurutku ga bnyk sih dampak bermedsos utk jejak karbon ini. Ga signifikan lah. Tp kalo dikaitkan dgn penggunaan ponsel dan listrik, ini akan berpengaruh sih.

    Soalnha konsumsi listrik yg gede akan berpengaruh thd bahan bakar pembangkit. Yg nktabene bahan bakar pembangkit listrik tuh kebanyakan msh batubara dan ini yg menyebabkan jejak karbin tggi dan merusak atmosfer bumi.

    BalasHapus
  7. Btw cara nonaktifkan pemutaran film putar otomatis di media sosial ini gimana ya? Kalau di WhatsApp kan bisa di setting, kalau di Instagram atau YouTube bagaimana ya?

    BalasHapus
  8. Media sosial memang bagai pisau bermata dua. Kalau kita tidak menggunakannya dengan bijak, hal negatif lah yang akan muncul, bahkan kalau terus-terusan streaming, ini sama aja merusak bumi.

    BalasHapus
  9. Bijak dalam menggunakan media sosial ternyata bisa menjadi sebuah kagiatan positif menjaga bumi ya.. Dan bijak bermedia sosial juga bisa menjaga kesehatan mental agar tidak terlalu banyak nethink akibat berita-berita yang super cepat.

    BalasHapus
  10. Berarti pemanfaatan media sosial yang terkendali atau dengan kata lain mengurangi waktu screen time ternyata juga bisa memberi dampak bagi bumi ya. Thank infonya, Kak.

    BalasHapus
  11. Wah baru tahu nih kalau membatasi bermain media sosial ini bisa membantu menjaga bumi kita tercinta ya. Harus mulai membatasi diri nih..

    BalasHapus
  12. Nah ini nih, media sosial dipake bukan cuma buat hiburan tapi juga buat mengingatkan atau mengedukasi yah.

    BalasHapus
  13. Wah, ternyata kalau mau menjaga bumi, bisa dengan cara yang mudah seperti bijak dalam bermedia sosial ya kak

    BalasHapus
  14. Ya Allah padahal hidupku tidak jauh dari gadget buat bekerja dkk ternyata menyebabkan kerusakan secara tidak langsung ya...

    Makasih sarannya supaya membatasi penggunaan gadget

    BalasHapus
  15. bikin over load juga sih mba, klo kebanyakan main medsos dan banyak banget asupan informasinya, berasa banget nih apalagi setelah ada konten video TikTok, kaya ga abis2 deh informasinya

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...