Menu Lebaran Khas Jawa Timur Yang Biasa Disajikan Setiap Lebaran


Di Indonesia setiap kali merayakan hari raya seperti lebaran, masyarakatnya memiliki kebiasaan yang selalu dilakukan yakni selalu menyediakan makanan khas hari raya. Biasanya makanan khas hari raya ini disajikan untuk menjamu tamu maupun sanak keluarga yang datang kerumah saat hari raya. Menu makanan yang disajikan pun biasanya merupakan menu makanan yang memang hanya bisa ditemukan saat lebaran saja.

Biasanya menu makanan yang disajikan saat hari raya ini juga bermacam – macam tergantung kepada asal daerah masing – masing. Menu makanan yang disajikan pun beragam mulai dari makanan ringan, makanan berat, bahkan sampai kue – kue. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki makanan khas saat lebaran tersendiri adalah daerah Jawa Timur. Biasanya orang asli Jawa Timur akan membuat beberapa menu lebaran berikut ini setiap kali momen lebaran.

  1. Lepet

Jika biasanya saat lebaran orang – orang selalu membuat ketupat sebagai pengganti nasi. Maka orang Jawa Timur akan membuat Lepet sebagai pengganti nasi tersebut. Lepet sendiri merupakan makanan mirip lontong yang terbuat dari beras ketan dan juga kacang. Lepet ini tidak hanya bisa dimakan bersama dengan makanan lain saat lebaran tapi lepet ini juga bisa dimakan langsung.

  1. Pecel Sayur

Menu pecel sayur ini merupakan menu makanan khas dari Jawa Timur yang tidak hanya bisa ditemukan saat lebaran tapi juga di hari – hari biasa. Jika anda bosan dengan menu lebaran yang itu – itu saja, maka anda bisa mencoba menyajikan pecel sayur ini sebagai hidangan saat lebaran nanti.

  1. Daging Serundeng

Jika mendengar kata serundeng pasti anda mengira kalau makanan ini terbuat dari kelapa parut yang dimasak dengan bumbu. Padahal serundeng di jawa timur merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi yang dibumbui kemudian dimasak sedemikian rupa sampai bertekstur mirip serundeng. Makanan ini bisa menjadi ide olahan makana daging saat lebaran nanti.

  1. Sayur Lodeh

Jika anda bosan dengan menu sayur atau makana berkuah yang itu – itu saja saat lebaran, maka anda bisa mencoba untuk membuat sayur lodeh. Sayur lodeh ini merupakan makanan kha jawa timur yang dibuat dengan kuah santan dan juga potongan terong, jagung, kacang, dan berbagai sayuran lain didalamnya. 

  1. Soto Lamongan

Menu khas jawa timur lainnya yang bisa jadi menu alnternatif lain saat lebaran adalah soto lamongan. Soto lamongan ini merupakan makanan berkuah yang menggunakan ayam sebagai kaldunya. Biasanya soto lamongan ini disajikan dengan suwiran ayam, potongan kol, bihun, dan perasan jeruk. Selain cocok dimakan dengan nasi, soto lamongan ini juga cocok jika dimakan bersama ketupat.

  1. Sate Madura

Biasanya saat lebaran selalu ada menu olahan dari daging sapi maupun daging ayam, jika anda bosan dengan menu daging yang itu – itu saja maka anda bisa mencoba untuk membuat sate madura. Bumbu yang meresap kedalam daging dan ditambah dengan tambahan bumbu kacang setelah sate matang membuat makanan satu ini banyak disukai orang – orang.

  1. Rujak Soto

Jika anda ingin mencari menu makanan lebaran yang lebih unik maka anda bisa mencoba untuk membuat rujak soto. Rujak soto ini merupakan makanan khas Banyuwangi yang berisikan aneka sayuran dan juga buah – buahan baru kemudian disiram dengan bumbu kuahnya. Kuahnya sendiri terbuat dari campuran kacang tanah, gula merah, petis, dan juga asam jawa.


Kalau kalian lebih suka yang mana nih? Menu lebaran di Indonesia pasti banyak dan kaya banget pastinya ya dan tugas kita wajib untuk melestarikan dan bangga akan kekayaan tersebut.


Posting Komentar

0 Komentar