Senin, 09 September 2019

Keutamaan Puasa 9 dan 10 Muharram


Berlomba-lomba dalam mempererat iman dan taqwa bahkan mencari ridha dari Allah SWT adalah hal yang selalu ingin kita lakukan selaku umat muslim. Mulai dari menjalankan shalat lima waktu , puasa ramadhan dan sunah-sunah lainnya. Salah satu bulan yang paling mulai selain bulan Raadhan dan Dzulhijah adalah bulan Muharram yang merupakan bulan pertama di tahun hijriah. Tepat pada tanggal Muharram memiliki keistimewaan yaitu peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah. 

Selain merupakan bulan yang pertama ternyata banyak beberapa amalan yang bisa mendatangkan kemuliaan yang bisa kita laksanakan pada bulan Muharram ini. Salah satunya adalah dengan menjalankan Puasa Tasu'a dan Puasa Asyura.  Puasa Tasu'a dan Puasa Asyura ini jatuh pada 9 dan 10 Muharram. 

Mungkin bagi sebagian orang masih asing akan puasa dan pengamalan puasa yang satu ini. Tahun inipun kali pertama bagi saya menjalankannya. Asing bagi sebagian orang namun keutamaanya tidak boleh kita lupakan begitu saja. Biasanya Puasa Tasu'a dan Puasa Asyura ini dilakukan untuk menyempurnakan ibadah di bulan Muharram.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sudah menjelaskan keutamaan puasa Muharram dengan melalui sabda beliau:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa paling utama setelah Ramadhan adalah (puasa bulan) Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (HR. Muslim)

Puasa Tasu'a
Puasa Tasua dilakukan pada tanggal 9 Muharram. Ada beberapa hikmah disyariatkannya puasa pada hari Tasu'a ini. Pertama adalah untuk menyelisihi orang Yahudi yang hanya berpuasa pada hari kesepuluh saja. Yang kedua adalah sebagai penyambung puasa hari Asyura dengan puasa di hari lainnya. Yang sebagaimana dilarangnya berpuasa pada hari Jum’at saja.

Niat puasa Tasu'a adalah sebagai berikut : 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnatit Tasuu'a lillaahi ta'aalaa


Artinya : Saya niat puasa sunah tasu’a sunah karena Allah Ta’ala
Artinya: "Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT."
x

Puasa Asyura
Berbeda dengan amalan Puasa hari Arafah yang dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lalu dan yang akan datang, keutamaan dari puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) yaitu menghapuskan dosa setahun yang sudah lalu. Dosa yang dimaksud adalah dosa-dosa kecil, karena untuk dosa-dosa yang besar hanya dapat dihapuskan dengan cara kita bertaubat dan memohon ampunan kepada-Nya dengan sungguh-sungguh. Puasa asyura itu sendiri merupakan puasa yang sangat istimewa bagi Rasulullah dan sangat diutamakan beliau.

نَوَيْتُ صَوْمَ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاء سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnatil aasyuuraa lillaahi ta'aalaa.

Rasulullah saja sangat mengutamakan dan menganjurkan untuk berpuasa pada 9 dan 10 Muharram ini. Jadi kita sebagai umatnya sudah sepatutnya juga turut menjalankan supaya kemuliannya pun datang kepada kita. Menjalankan amalan-amalan baik pada bulan yang sangat diistimewakan tentunya akan mendapatkan pula pahala yang in sya allah mendatangkan rahmat dari Allah SWT. unk kita, keluarga dan saudara-saudari kita yang seiman. 

Jumat, 06 September 2019

Optimalkan Tumbuh Kembang Bayi Sejak Dalam Kandungan


Orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya terlahir sehat, sempurna dan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Tentunya itulah yang diharapkan oleh semua orang tua. Bisa dibilang itulah harapan terbesarnya. Segala cara akan orang tua lakukan demi mewujudkan hal tersebut. Namun tahukah kita bahwa kecerdasan bayi bisa mulai kita bentuk sejak dalam kandungan? Nah, inilah hal-hal yang tidak bisa kita anggap enteng ketika sedang hamil. Karena anak yang cerdas dan memiliki tumbuh kembang yang baik bisa dibentuk sejak dalam kandungan. 

Anak yang tumbuh kembangnya baik tentunya tidak luput dari peran besar ibu yang mengandungnya. Ibu yang cerdas bukanlah ibu yang selalu tahu akan tetapi ibu yang cerdas adalah ibu yang selalu mencari tahu dan haus akan ilmu demi masa depan anaknya kelak. Sebagai ibu yang haus akan ilmu yuk mari kita belajar bersama apa saja hal yang harus kita perhatikan demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Kita mulai dari sejak dalam kandungan ya. 

Konsumsi Makanan Bergizi 
Makanan yang bergizi tentunya bukan hanya untuk ibu hamil saja ya. Makanan bergizi adalah hak setiap manusia. Memakan makanan yang bergizi tentunya sangat memberikan pengaruh baik, baik itu untuk ibu itu sendiri ataupun juga bayi yang ada di dalam kandungannya. Seperti mengkonsumsi ikan, telur, sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, yogurht dan buah dan lain sebagainya. Semuanya bisa kita variasikan sesuai dengan ebutuhan yang diperlukan kita. Apalagi jika makanan tersebut banyak mengandung DHA yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangan otak.  

Bangun Komunikasi Dengan Anak 
Eitss jangan salah ya. Si bayi yang masih di dalam kandungan saja sudah bisa diajak berkomunikasi loh. Yah meskipun belum bisa dijawab secara langsung tetapi biasanya bayi yang sudah berusia 16 minggu sudah bisa memberikan respon seperti menendang-nendang perut. Sejak usia menginjak 16 minggu perkembangan pada janin sudah semakin baik. Janin sudah bisa mendengar. Semakin bertambahnya usia kandungan tentunya akan semakin baik pula perkembangannya. Jadi kita jangan sampai melalaikan perbuatan kecil ini ya. Bahkan bayi sudah bisa mengenali suara ibunya sejak didalam kandungan loh . Kita bisa sesering mungkin mengajaknya berbicara ataubahkan mengelus-elus perut kita. Bayi yang didalam pasti jadi semakin senang dan nyaman. 

Perdengarkan Musik 
Sepertinya hal ini sudah tidak asing lagi kita dengar ya. Bukan hanya orang dewasa saja ya yang ternyata menyukai musik. Janin saja sudah menyukainya. Dengan mendengarkan musik, kita bisa memicu hormon bahagia yang tentunya saja akan semakin membuat janin merasa nyaman dan tenang. Akan tetapi jangan stel musik yang keras ya. Kita saja tidak nyaman apalagi sang janin. Kita juga bisa kok mencoba menyanyikan lagu sederhana untuk sang janin. 

Lakukan Olahraga Ringan
Hamil bukanlah menjadi halangan bagi seseorang untuk bermalas-malasan dan hanya berdiam diri tanpa melakukan aktifitas. Melakukan olahraga ringan ketika sedang hamil bisa menjadikan hal positif yang bisa dilakukan. Tidak hanya sehat bagi sang calon ibu akan tetapi juga janin pun akan sangat terbantu tumbuh kembangnya. Saat berolahraga ketika hamil, hormon yang kita keluarkan ketika berolahraga akan menembus plasenta yang bisa mengalirkan zat-zat yang akan mendatangkan perasaan bahagia. Olahraga juga tentunya akan  bisa membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh tanpa terkecuali ke janin. Dengan begitu, perkembangan janin pun akan lbih optimal pula. Apalagi jika olahraga ringan ini juga dilakukan hingga mendekati HPL. Bisa berjalan-jalan kecil meisalnya yang katanya bisa memberikan pengaruh ketika waktunya lahiran tiba.Oh iya, katanya juga ada penelitian yang mengatakan bahwa kalau berolahraga disaat hamil dapat meningkatkan neuron yang ada pada hipokampus bayi. Dimana Hipokampus ini adalah bagian dari sistem limbik yang berperan dalam kegiatan mengingat dan navigasi ruang. 

Jauhi Stres 
Yang tidak kalah pentingnya adalah menjauhi yang namanya stres. Jika sang calon ibu merasakan stres yang berlebihan hal itu bisa berakibat fatal dan mempengaruhi perkembangan janin. Untuk menjauhkan diri dari stres sang ibu bisa melakukan hal-hal yang positif seperti misalnya yoga, memanjakan diri sejenak dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, jalan-jalan, istirahat, belanja atau bahkan melakukan hobi yag disukai. 

Selain yang ada di atas, lakukan juga pemeriksaan rutin kepada janin. Supaya kit t ahu bagaimana dan sejauh apa perkembangan janin. Hal ini juga supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  Sebenarnya, suatu kehamilan akan lebih terasa semakin menyenangkan ketika kita berfikir bahwa saat ini kita sedang mengandung buah hati yang nantinya kan lebih mewarnai kehidupan kita. Tidak ada orang tua yang mengingikan keburuan akan anaknya. Menikmati masa kehamilan dengan enjoy dan mengikuti alur dengan santai. 

Semakin santai kita akan kehamilan (bukan berarti masa bodoh ya) semakin enjoy kita menjalaninya. Hamil itu salah satu awal membuka kehidupan kita kejenjang yang lebih bahagia lagi. Setelah hamil kita akan dihadapkan dengan kehidupan baru menjadi seorang ibu. Disanapun masih banyak hal-hal yang akan membuat kita semakin belajar lagi. Jadi, cukup berikan yang terbaik, lakukan yang terbaik menurut kita dan yang paling penting adalah anak sehat, bahagia dan bisa tumbuh dengan baik adalah kebahagian yang tiada duanya didunia.  


Selasa, 03 September 2019

Amunisi Untuk Ibu Menyusui


Wah kayaknya kebanyakan isi tulisan saya saat ini seputaran menyusui, mengasihi, perkembangan yah anak dan nggak jauh-jauh dari sana yah. Harap maklum karena memang saat ini yang ingin saya shared sesuat yang benar-benar saya alami dan ingin berbagi kepada teman-teman sekalian. Berbagipun masih banyak salahnya. Mohon koreksi dan keberkenaannya untuk terus saling mendukung yah. 

Nah, kali ini saya lagi gereget sama printilan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan oleh kita, ibu-ibu yang sedang dalam kondisi menyusui. Kepeduliaan kita dalam memberikan ASI ekslusif di 6 bulan pertama bahkan kalau bisa hingga usia 2 tahun adalah hal yang sangat penting dan tak bisa kita anggap enteng. Memberikan yang terbaik untuk kebutuhan anak diusia 1000 hari pertama akan sangat mempengaruhi anak kedepannya. 

Kita sedikit banyak sudah tahu bagaimana hebat dan nikmatnya memberikan ASI ekslusif untuk anak kita. Tentunya, setiap ibu menginginkan kesuksesan dalam mengasihi, yes. Yang harus kita garis bawahi juga adalah salah satu kunci sukses yang terpenting diantara yang terpenting adalah rasa nyaman. Iya, rasa nyaman kita sebagai ibu tidak dapat disangkal mampu mempengaruhi ASI yang dihasilkan. Jadi, sebisa mungkin kita jauh-jauh dulu deh dari yang namanya stres. 

Kemudian, yang tidak kalah pentingnya juga adalah amunisi dalam segi makanan. Kendaraan saja yang menggunakan mesin butuh bahan bakar supaya bisa beroperasi masa kita yang mengandalkan tubuh karunia dari yang kuasa tidak mementingkan yang namanya nutrisi yang sehat, segar, lengkap, seimbang dan kalau bisa enak ya bu-ibu hehehhe. Oh iya, air putihnya pun juga jangan dilupakan ya. Tetap konsumsi air putih minimal 10 gelas perhari. Karena kita sangat membutuhkan cairan. 

Bagi yang hobi mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein apa lagi yang beralkohol sebaiknya dikurangi atau kalau bisa berhenti dulu ya apalagi kalau itu alkohol. Hal ini karena kandungan yang ada didalamnya bisa mempengaruhi ASI karena mengalir masuk ke ASI. Bahan hal ini jga akan mempengaruhi volume ASI. Meskipun kita ibaratkan kandungannya hanya masuk sepersekian persen ke dalam ASI namun bagi bayi yang masih kecil hal itu sangat berpengaruh.  

Istirahat yang teratur juga menjadi hal yang penting dan perlu untuk diperhatikan. Memang diawal mengasihi, begadang dan bangun sering ditengah malam menjadi teman kita. Akan ttap sebisa mungkin jika anak tidur, kitapun juga harus memanfaatkan kesempatan itu untuk istirahat pula. Karena disaat seperti ini kita bisa menjadi sangat sensitif. Jika kondisi fisik dan mental kurang nyaman dan enak maka akan angat mempengaruhi mood kita. 

Dan terakhir yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk memberikan me time. Memiliki waktu untuk memanjakan diri sendiri untuk menghilangkan stres, lelah, mengantuk dan dari hal-hal yang baru yang bisa saja membuat kita kagok sangatlah membantu kita. 

So, sekalai lagi selamat menjadi ibu siaga dan semangat menyusui para bu-ibu. 

Senin, 02 September 2019

Mengenal Khasiat Rempah-Rempah Dapur


Sepertinya bahasan kali ini sudah tidak asing lagi kita temui sehari-hari. Apalagi bagi kita ibu-ibu yang kesehariannya ngga lepas dai dapur. Mau itu ibu rumah tagga ataupun wanita karier, sepertinya dapu adalah tempat yang wajib untuk kita datangi meskipun hanya menu sederhana dan andalan yang bisa kita sajikan. Ditambah lagi kita hidup di negara yang memiliki potensi tanaman yang melimpah dan beragam. Beragam jenis dan rupanya tentu beragam pula manfaat besar lainnya. 

Nah kali ini yang ingin saya bahas bukan resep loh yah. Tetapi yuk kita mengulik khasiat rempah-rempah yang ada didapur. Ternyata kalau kita ingin mencari tahu dan banyak membaca, rempah-rempah yang ada didapur yang kita olah setiap hari itu menyimpan banyak manfaat loh apaagi dalam segi kesehatan. Penasaran? Yuk kita bahas dan cari tahu sama-sama. 

1. Jahe

Dengan bumbu dapur yang satu ini tentu tidak asing lagi yah. Baunya yang khas saja bisa langsung memberikan kesegaran tersendiri ketika kita menghirupnya. Rempah yang satu ibi biasanya sering dianfaatkan ketika ingin membuat minuman yang bisa berkhasiat memberikan kehangatan. Dengan rasanya yang sedikit panas dan manis memberikan sensasi tersendiri ketika diseduh. Bnya yang mengolahnya menjadi bubuk supaya mudah diolah danlangsung diminum jika ingin mengkonsumsinya. Sudah tidak perlu repot lagi untuuk mengupas dan memotongnya Dipasaran sudah banyak yang menjualnya dalam bentuk bubuk lengkap dengan campuran gula arennya. Katanya, jahe cocok nih buat yang lagi program diet karena kandugan termogenik didalamnya mampu mengurangi nafsu makan loh. 

2. Kunyit 

Si kuning yang satu ini pun memiliki kekhasannya juga loh. kalau mau mengelolah bumbu yang satu ini harus rela kalau tangannya berubah menjadi warna kuning yah. Selain utnuk bumbu dapur kunyit juga sering dimanfaatkan untuk mengobati luka loh. Persis seperti antiseptik yang mampu mengurangi peradangan pada luka. Selain itu juga bermanfaat mengurangi flu, melancarkan pernafasan, menyembuhkan diare dan masalah organ pencernaan.  

3. Kayu Manis 

Sama seperti namanya, rempah dapur yang satu ini memiliki rasa yang manis dan kuat. Cocok jika dicampur kedalam sop atua bahkan dalam mengelolah daging. Katanya, bagi yang menderita diabetes kalau saat perut dalam kondisi kosong ketika mengkonsumsinya dapat membantu mengatur glukosa darahnya dan kolestrol jahat yang ada didalam tubuh. Selain itu juga dapat membantu mencegah radikal bebas, serta bagi yang sedang ata baru sembuh dari sakit jika mengkonsumsi rempah satu ini mampu mendorong nafsu makan. 

4. Cengkeh 

Si kecil-kecil namun bermanfaat selanjutnya adalah cengkeh. Kandungan yang ada didalam rempah satu ini mampu melenyapkan bakteri pada gigi sehingga bisa menghilangkan bau mulut. Bahkan dalam dunia kedokteran, katanya cengkeh dimanfaatlan sebagai alah satu campuran dalam -obat-obatan. Senyawa pada cengkeh kaya akan anti inflamasi yang dapat membantu penderita rematik, mengobati perdangan hingga yang infeksi. 

5. Lada Hitam

Bentuknya bulat dan merupakan rempah dalam bentuk butiran dengan rasanya yang pedas dan kuat. Ciri tanamanan rempah ini adalah merambat jadi biasanya kalau menanam tanaman ini diperlukan pohon yang tinggi dan kuat untuk membantunya tumbuh. Selain sebagai rmpah juga bisa dimanfaatkan sebagai antipiretik, penghilang kejang serta antioksidan dan diuretik. Juga bisa membantu dalam menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi dan membantu tubuh dalam menghambat penyerapan kolesterol. 

Itulah 5 (lima) rempah dapur yang memiliki khasiat selain bisa untuk bahan penyedap makanan juga memiliki khasiat-khasiat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sebenarnya masih banyak lagi rempah-rempah khas Indonesia lainnya yang tidak kalah banyak manfaatnya. Lain kali kita bahas lagi yah. 

Senin, 26 Agustus 2019

Review Spesifikasi dan Harga Dari Honda Odyssey



Memiliki mobil impian dan bisa mewujudkannya adalah keinginan setiap orang tentunya. Bahkan, demi sesuatu yang diimpikan kita rela menabung dan mengesampingkan yang dikira kurang diperlukan demi mewujudkan impian tersebut. Nah, mobil yang akan saya review kali ini bisa jadi adalah mobil impian yang diidam-idamkan. Jangan lupa disimak sampai habis yah. 

Di tahun 2018 pabrikan PT Honda Prospect Motor telah memperkenalkan produk terbarunya yakni Honda Odyssey dengan tampilan ubahan minor baru yang lebih modern dan elegan. Sebagi mobil jenis MPV Premium, pastinya mobil yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2005 yang lalu ini sudah beberapa kali melakukan perubahan hingga 2014 yang lalu.

Kemudian pada awal 2018 Honda Odyssey kembali dihadirkan dengan eksterior yang lebih garang serta ruang interior yang sangat luas dan nyaman. Tentunya hal ini tidak bisa dilepaskan dengan adanya beragam fitur pada bagian interior yang lebih canggih dan lengkap. Sehingga tidak aneh kalau Honda Odyssey garapan PT HPM ini siap membuat pasar otomotif di segmen MPV Medium menjadi semakinn ketat. 

Lalu apa spesifikasi dari mobil MPV Premium ini? Kira-kira udah tahu apa belum nih. Oke deh kakau begitu dalam kesempatan kali ini  kita bahas tentang spesifikasi dan harga Honda Odyssey yuk :

1. Eksterior

Dari segi eksterior, sekarang ini fascia depan lebih fresh dengan desain grille baru dan foglamp yang mengandalkan LED sehingga membuatnya semakin canggih. Bukan hanya itu, bagian ruang kabin pada mobil ini juga lebih nampak elegan berkat adanya sentuhan kemewahan yang menjadikannya semakin memukau. 
Bahkan, ada beberaoa fitur yang telah disematkan pada bagian dahsboard depan berupa layar sentuh LCD 7 inci sehingga bisa memanjakan para penggunanya. Selain itu, aksen chrome juga terlihat di lips bumper depan. Beranjak ke sisi samping, mobil ini mengusung sistem pintu sliding door yang membua tampilan mobil ini semakin futuristik. 
Pada bagian belakang, tampilan elegan akan semakin nampak dengan nuansa chrome pada bagian tengah. Bukan hanya itu, mobil ini juga terdapat stop lamp dengan gaya konsep modern ditambah dengan berbagai fitur tambahan seperti Led Rear Combination, LED Mount Stop Lamp yang membuat tampilan mobil semakin mewah dan canggih. 
Dengan demikian, tidak aneh jika sektor eksterior pada spesifikasi mobil ini akan mampu menarik perhatian para konsumen dengan tampilannya yang lebih gagah dan futuristik. 

2. Interior

Dari segi interior, pada saat anda memasuki ruang kabin Honda Odyssey ini, anda akan disuguhkan dengan ruang kabin yang cukup luas dengan balutan interior yang sangat mewah. Karena memang sektor interior pada mobil ini telah mengalami perubahan yang cukup signifikan dari generasi sebelumnya. 
Hal ini bisa dilihat dengan disematkannya bebera fitur pada dsahboard depan yang berupa layar sentuh LCD seluas 7 inci yang bisa menampilkan beberapa menu hiburan yang menarik. Di sisi lain, ada beberepa fitur fungsional juga yang turut disematkan pada mobil ini, seperti CD/DVD, USB Port, HDMI Port, Made for iPod & iPhone, Clock Display, Cooperated with Smartphone, Coresponding to Multi View Camera Assits (MVA) / Cross Trafic Monitor (CTM) / Smart Parking Assits System yang akan memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa bagi penggunanya. 
Selain itu, pada posisi kemudi, mobil jenis MPV Premium ini akan mengusung layar MID LCD Digital yang atraktif dan informatif dalam memberikan informasi seputar kondisi mobil saat dikendarai. Bahkan pada setir kemudinya juga terbuat dari bahan kulit yang berkualitas dan dilengkapi dengan beberapa tombol navigasi untuk memudahkan pengemudi dalam mengatur sistem entertainment tanpa harus mengganggu pandangan ke depan saat mengemudi. 

Dengan berbagai spesifikasi yang mumpuni seperti di atas, harga mobil Honda Odyssey ini dibandrol dengan harga Rp 720 juta. Honda Odyssey memiliki desain yang elegan dan mewah sehingga layak dijadikan sebagai mobil keluarga yang komersil. Bagaimana? Tertarik dan asik kan yah? Siap-siap nabung nih :)

Selasa, 16 Juli 2019

Moment Indah Mengasihi Anak



Anak adalah anugerah terindah yang diberika Tuhan. Tidak ada yang tentunya orang tua normal yang ingin menolak rezeki yang satu ini. Memiliki anugerah terindah ini adalah kebahagiaan tersendiri bagi setiap pasangan. Rasa haru, senang dan bahagia pun bercampur aduk ketika sang ibu melahirkan. Tentunya, jika bisa mengasihi anak secara langsung adalah hal yang ingin semua ibu rasakan, bukan? Ternyata, banyak hal indah dan membahagiakan hanya dengan mengasihi anak secara langsung. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama ya. 

Seakan-akan dunia teralihkan hanya dengan menatap muka polosnya yang sedang ada didalam pelukan kita. Rasanya semakin merasa dekat dan tak ingin melepaskannya. Meskipun dibalik itu semua kita harus melalui berbagai drama. Akan tetapi itu tidak akan berlangsung lama kok Moms. Semua akan terbayar melihat anak sehat, kenyang dan bisa tertidur pulas. 

Ternyata mengasihi diawal-awal akan ada tantangannya loh. Tidak hanya lecet, akan tetapi ternyata ada beberapa kasus pada ibu yang baru saja melahirkan ASI nya belum langsung keluar. Sebaiknya kita juga harus mempersiapkan dengan lebih banyak membaca dan membekali diri bagaimana teknik mengasihi diawal-awal paska melahirkan. Meskipun tentunya setiap ibu memiliki pengalaman dan tantangan yang berbeda-beda ya Moms. 

Bisa mengasihi langsung selain membuat kita sebagai ibu semakin dekat akan tetapi ada juga sensasi mebahagiakan lainnya yang tak akan pernah ingin ibu lewatkan setiap mengasihi. Saling bertatapan, belum lagi ketika tangan mungil bayi kita menggenggam erat tangan kita, pandangannya yang hanya tertuju pada kita, mata yang saling bertemu dan rengekannya yang ingin selalu ada didekat kita. Ini adalah moment indah yang tak bisa digantikan oleh apapun didunia ini ya Moms. 

Apalagi, setelah kita ketahui ternyata kandungan di dalam ASI begitu luar biasanya. Melihat bayi kita bisa mendapatkan nutrisi yang terbaik adalah imipina setiap orang tua sehingga jika nutrisinya terpenuhi dengan baik, bayi akan memiliki tumbuh kembang yang optimal. Di dalam terdapat kandungan asam amino trytophan yang mana fungsinya adalah memperoduksi hormon melatonin yang berperan mengatu pola tidur dengan baik. Jadi si bayi bisa tidur berkualitas dan nyenyak sehingga tidak rewel kan Moms. 

Setiap moment yag terjadi pada anak adalah saat-saat yang tidak akan pernah terulang moms. Jadi sebisa mungkin kita manfaatkan waktu kita. Mempunyai kesempatan bisa mengasihi anak secara langsung memang susah susah gampang terutama bagi yang bekerja. Mengasihi anak bisa saja hanya 2 tahun lama akan tetapi kenangannya akan kita ingat seumur hidup kita. Jadi berikanlah yang terbaik sesuai dengan kemampuan kita tentunya. 

  

Senin, 15 Juli 2019

Waspadai Missed Abortion : Ketika Janin Meninggal Tanpa Gejala Keguguran


Hamil merupakan kebahagiaan yang tak ternilai bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Kehamilan pun memiliki arti tersendiri bagi seorang wanita. Semakin lengkap sudah rasanya jika seorang wanita bisa dianugerahi kebahagiaan  yang satu ini. Yang kemudian setelah kehamilan sudah menginjak usia sembilan bulan artinya posisi istri pun berubah menjadi seorang ibu. Namun tak merubah kodratnya sebagai seorang istri.

Nah, sebelum lebih lanjutnya mari kita batasi m pembahasan kali ini mengenai kehamilan saja dulu ya. Tentunya setiap wanita yang sedang hamil di dunia ini menginginkan kehamilannya bisa berjalan dengan lancar, sehat, hingga waktu persalinan. 

Akan tetapi, tak jarang kita temui ada beberapa masalah yang bisa terjadi, terutama pada fase awal kehamilan. Misalnya adalah missed abortion, atau yang dikenal dengan sebutan silent miscarriage atau missed miscariage. Biasanya kondisi seperti ini sering terjadi pada awal masa kehamilan, khususnya pada usia sebelum 20 minggu.

Sayanganya kondisi missed miscariage ini sulit terdeteksi tanpa pemeriksaan dengan menggunakan ultrasound (USG) dan bahkan gejalanya juga seringkali tidak dirasakan. Walaupun demikian, missed abortion ini sangat membutuhkan penanganan medis segera dari dokter supaya tidak membahayakan jiwa bunda.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi yang bersumber dari Popmama.com tentang missed abortion yang harus bunda ketahui sebagai berikut :

1. Apa sih Pengertian Missed Abortion
Sebelum membahasnya lebih jauh, perlu kita diketahui bahwa missed abortion ini merupakan keguguran, dimana janin bunda tidak terbentuk atau telah meninggal dunia, akan tetapi plasenta serta jaringan embrionya masih ada di dalam rahim. 
Kondisi seperti ini tidak termasuk dalam kategori aborsi elektif. Dalam hal ini, para pakar medis menggunakan istilah “aborsi spontan” untuk merujuk pada keguguran. Sangat berbeda dengan keguguran pada umumnya, dimana pada missed abortion ini seringkali tidak menyebabkan kram perut dan gejala perdarahan. Sehingga kondisi missed abortion ini sering terlewatkan serta tidak diketahui keberadaanya oleh wanita yang sedang hamil.

2. Penyebab Missed Abortion
Sampai saat ini, penyebab pasti dari missed abortion belum diketahui. Akan tetapi, hampir 50% kasus missed abortion yang terjadi diakibatkan oleh kelainan kromosom. Dimana embrio memiliki jumlah kromosom yang tidak sesuai, sehingga pertumbuhannya terganggu dan bahkan bisa menyebabkan janin meninggal di usia awal kehamilan. 
Bukan hanya itu, missed miscariage ini juga bisa disebabkan oleh adanya masalah pada rahim, misalnya jaringan parut. Selain itu, wanita yang memiliki riwayat gangguan endokrin atau autoimun sangat beresiko lebih tinggi terjadinya missed abortion ini. Bahkan seorang wanita peroko berat, dan trauma fisik pun bisa menyebabkan terjadi missed miscariage.

3. Gejala dan Tanda Missed Abortion
Yang sudah dijelaskan di atas, bahwa missed abortion ini seringkali tidak menimbulkan gejala serta tanda keguguran pada umumnya, seperti kram pada perut dan perdarahan. 
Akan tetapi, sangat penting bagi bunda untuk mengenali adanya perubahan pada kehamilan. Misalnya jika sering muncul flek darah kecoklatan, atau waspadai juga gejala awal kehamilan, seperti nyeri payudara dan mual, lalu tiba-tiba berkurang atau hilang. Jika bunda mengalami kondisi seperti itu, maka sebaiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk segera ditangani.

4. Diagnosis dan Pemeriksaan Missed Miscariage
Mungkin untuk sebagian besar wanita hamil tidak akan menyadari bahwa dirinya tengah mengalami misses miscariage tanpa pemeriksaan dokter. Lalu setalah berkonsultasi dengan dokter dan dilakukan USG terlebih dahulu guna mendeteksi detak jantung janin. Jika usia kehamilan masih dibawah 10 minggu, mungkin dokter akan memantau kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam darah bunda. Jika tingkat hCG tidak naik pada kadar tertentu, ini merupakan tanda bahwa kehamilan sudah berakhir.

5. Perawatan dan Pengobatan Misses Abortion
Dalam hal ini, dibutuhkan perawatan dan pengobatan medis segera oleh dokter untuk mengatasi missed abortion tersebut. Dan semua metode pengobatan akan disesuaikan dengan kondisi kehamilan serta kesehatan tubuh bunda.
Mungkin itu saja informasi kali ini, semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.

Nah, penting bagi kita untuk tahu, paham dan belajar bagaimana kondisi badan kita ya bunda. Lebih baik kita perbanyak membaca dan jangan malu untuk bertukar pendapat dengan teman atau siapapun yang sudah berpengalaman. Semakin banyak ilmu yang kita dapat, semoga juga semakin baik kehamilan kita. 

Senin, 08 Juli 2019

Management Keuangan Bagi Pasangan Muda


Menikah adalah suatu anugerah yang diberikan bagi dua insan yang bisa menjadi suatu ikatan menyatukan hubungan supaya menjadi semakin kokoh. Tentunya setelah memutuskan untuk menikah, pasangan tersebut sudah memikirkan secara matang bagaimana kehidupan rumah tangga nantinya. Baik itu secara material maupun non material tentunya. Memikirkan perencanaan keunangan menjadi matang sangat penting terutama bagi pasangan baru. Dengan adanya kematangan perencanaan ini bisa menjadi salah satu jalan menciptakan rumah tangga bejalan dengan lacar. 

Tentunya banyak kita temui pasangan diluar sana bertengkar karena masalah yang satu ini. Maka dari itu tentunya kematangan perencanaan secara material mutlak dilakukan dan didiskusikan antar pasangan supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. 

Nah berikut hal-hal yang bisa dilakukan dalam merancang perencanaan pengeluaran bagai pasangan baru : 

Komunikasi 
Komunikasi adalah hal yang utama dan paling utama dalam sebuah rumah tangga. Tidak hanya soal pengeluaran tentunya. Jika sudah berumah tangga artinya kita telah memilih bahwa semua harus dijalankan sesuai dengan kesepakatan bersama sehingga dapat menciptakan suatu suasana rumah tangga yang jauh dari perccek-cokan yang berdampak parah. Selain itu, dengan adanya komunikasi maka kita semakin mengerti bagaimana pasangan kita sesungguhnya.  Ada saatnya bagi pribadi kita untuk saling mengerti dan mengalah kepada pasangan begitupun sebaliknya. 

Terbuka 
Saling terbuka mengenai masalah finansial adalah salah satu hal yang tidak bisa diaanggap remeh. Jika sudah berumah tangga itu artinya kita sudah berjalan beriringan dengan pasangan, buka dengan cara sendiri-sendiri lagi. Hal ini bertujuan supaya tidak ada kecurigaan yang tidak mendasar dikemudian hari yang bisa saja menjadi pemicu keributan dalam kehidupan berumah tangga nantinya. 

Menentukan Prioritas 
Ketika kehidupan dua orang disatukan menjadi satu tentunya akan ada beberapa atau bahkan banyak perbedaan yang ditemukan. Tapi jangan sampai perbedaan itu malah menjadi alasan antar pasangan untuk tetap kekeh dengan pendirian masing-masing. Nah, tentunya juga dalam prioritas dalam berumah tangga akan mengelamai perubahan ketika masih sendiri dulu. Jika masih sendiri dulu jika ada uang lebih atau penghasilan sendiri yang dilakukan adalah mungkin untuk membahagiakan diri sendiri atau bahkan berliburan namun akan berbeda ketika berumah tangga. 
Namun bukan berarti tidak ada waktu atupun kesempatan bagi kita untuk membahagiakan diri sendiri ya. Berumah tangga itu malahan akan semakin menyenangkan jika semuanya dilakukan oleh orang yang disayang. Maka dari itu inilah pentingnya membicarakan kepada pasangan mana saja yang akan menjadi prioritas utama, kedua dan selanjutnya. Misal seperti ingin mencicil untuk memiliki rumah sendiri, perabotannya nanti, untuk persiapan memiliki anak, dana kesehatan, investasi dan sebagainya. Itu semua patut untuk dijadikan sebagai bahan untuk dipertimbangan berdua.  
Serta, jika kedua bekerja bisa juga ditentukan gaji siapa yang akan digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya sehari-hari dan gaji siapa yang digunakan untuk kebutuhan lain seperti untuk disisihkan  menabung, investasi, membayar rumah, listrik dan sebagainya. 

Tentukan Siapa Yang Menjadi Bendahara 
Idealnya sebuah keluarga memiliki bendahara yang  bisa dipercaya dalam mengelola keuangan untuk kebutuhan sehari-hari. Meskipun sebenarnya antar pasangan memiliki hak untuk membelanjakan anggaran tersebut namun akan ada baiknya jika ketika ingin menggunakan anggaran tersebut ada yang menjadi pengingat sehingga dapat menghindari pengeluaran yang tidak perlu yang bisa berdampak kepada kemubaziran dan penyesalan nantinya. Sebagai bendaharapun meskipun repot akan ada baiknya jika memiliki catatan pengeluaran supaya jelas kemana saja pengeluaran uang setiap bulannya. Termasuk juga tuga bendahara untuk menyisihkan dana darurat yang sifatnya bisa digunakan suatu waktu disaat yang mendesak. 

Evaluasi Pengeluaran 
Evaluasi bisa menjadi bahan sebagai acuan baik itu dalam hal kelebihan uang yang bisa digunakan untuk ditabung, untuk dana darurat, investasi, menetapkan keuangan bulan depan dan sebainya. Dengan adanya evaluasi tentu akan ada beberapa hal yang dirasa bagi kita untuk tidak perlu dilakukan atau dibeli dikemudian hari. Mengurangi sikap konsumtif yang dirasa dapat memberatkan seperti cicilan kredit bisa menjadi salah satu hal yang bisa dipertimbangkan bagi pasangan. 

Terlepas dari itu semua, mungkin terdapat perbedaan antar keluarga dalam mengatur keuangan. Perlu kita sadari bahwa berumah tangga akan lebih bahagia jika keduanya saling memahami dan berdiskusi serta menjalaninya dengan hati senang, bahagia, kerjasama, komunikasi, kompak dan tanpa tekanan. Jadi, buatlah suasana rumah tangga menjadi senyaman mungkin. Jangan jadikan faktor finansial menjadi pemicu ledak dalam rumah tangga dikemudian hari. 
Bagi pasangan baru, beradaptasilah dengan kehidupan baru yang tentunya akan berbeda dari kehidupan sebelum-sebelumnya. Berumah tangga juga menjadikan pribadi kita mandiri dan tidak bergantung lagi dengan orang tua. Buktikan bahwa memiliki pasangan adalah hal yang paling membahagiakan dan berumah tangga bukanlah beban.  

Sabtu, 06 Juli 2019

Baby Blues? Yuk Dinikmatin Aja

www.ungayossy.com


Pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya Baby Blues yah. Atau moms semua sedang mengalami, sudah mengalami atau sedang mempersiapkan diri supaya tidak mengalaminya? Nah, yuk kita cari tahu sama-sama apa sih yang dimaksud dengan Baby Blues itu? Eit, bukan hanya para moms yang harus tahu dan paham yah para daddy juga harus ikut paham dong. Semakin banyak yang tahu tentunya akan semakin meringankan dan memberi perhatian kepada sang ibu. 

Setiap pasangan pasti menginginkan dianugerahi kepercayaan oleh yang kuasa sesosok makhluk kecil yang akan semakin mempermanis rumah tangga yaitu anak. Bagi pasangan muda atau pasangan yang baru pertama kali memiliki anak pasti akan dihantui dengan yang namanya istilah Baby Blues yang bahkan dari orang-orang terdekat pun muncul perasaan menakut-nakuti dengan hal tersebut. Sebenarnya Baby Blues itu adalah perasaan yang moms sekalian rasakan setelah melahirkan. Dimana didalamnya terjadi perubahan hormon juga munculnya rasa lelah, sedih, dan khawatir yang bagi saya sendiri itu adalah perasaan lumrah  dan normal yang memang dirasakan sebagai ibu baru. Namun jangan dianggap enteng loh moms. 

Perubahan dari yang awalnya belum hamil lalu hamil, mengandung selama sembilan bulan lalu melahirkan tentunya akan berpengaruh sangat besar. Tentunya, bisa dibilang setelah melahirkan dan memiliki anak kita tentunya akan memiliki berbagai macam perasaan yang bisa diibaratkan dengan nano-nano. Mulai dari rasa bahagia, kelelahan hingga perasaan untuk beradaptasi dengan kondisi dan keadaan yang baru. Peralihan dari yang awalnya kita bisa sesuka hati kita sendiri akan tetapi sekarang setelah sudah ada bayi atau anak semua berubah. Kekagetan dan kelelahan yang bercampur sehingga dapat menimbulakn stres inilah yang harus kita atasi moms. Dari kaget sampai ke rasa bingung dan munculah rasa khawatir tentang bagaimana merawat anak dengan baik. Tentunya dengan munculnya kekagetan dan rasa khawatir yang muncul tersebut bisa merubah suasana hati dan perubahan-perubahan lainnya. 

Contohnya saja jika sudah punya bayi akan ada perubahan sepeti pola tidur yang tidak teratur dan kurang, yang bisa setiap malam terbangun ditengah malam ditengah rengekan bayi yang bisa saja bangun karena haus, ingin ganti popok, basah dan sebagainya. Muncul juga rasa hilangnya nafsu makan, bahkan ada juga yang sampai sedih, lesu, mudah marah sampai kadang juga muncul rasa sedih hingga ingin menangis.

Maka dari itu, bukan hanya ibu ataupun calon ibu yang harus paham akan tetapi adanya dorongan dan dukungan dari anggota keluarga lain terutama suami akan sangat membantu supaya rasa kekagetan yang bisa sangat berdampak tersebut berkurang dan Baby Blues jauh-jauh dari yang namanya depresi. Meskipun begitu seiring berjalannya waktu, kita akan terbiasa dan mulai membiasakan diri. Pernah dengar istilah bisa karena biasa kan moms. Biasanya Baby Blues akan hilang dengan sendirinya karena faktor kebiasaan tadi moms. Kira-kira dua mingguan sudah bisa menyesuaikan.

Nah moms dengan adanya perubahan besar dalam kehidupan kita tentunya akan mendatangkan berbagai rasa. Bahkan meskipun kita sudah menduga dan mempersiapkan sebelumnya terkadang jika kita sudah dihadapkan langsung masih ada kekagetan-kekagetan yang kita alami. Apalagi setelah kita memiliki bayi akan banyak hal yang membuat kita terkaget-kaget yang mendatangkan kebahagiaan yang akan hadir didalam hidup kita. Tapi tetap ya moms jangan sampai stres. Nikmati dan syukuri. Rundingkan dan kerjasamalah dengan baik dengan pasangan. Karena masa-masa merawat anak adalah harta yang tidak akan pernah kita beli dengan apapun didunia ini. 

Jumat, 28 Juni 2019

Simple Bagi Kita, Besar Pengaruhnya Bagi Mereka


Seiring berkembangnya anak, banyak hal juga yang harus lebih dahulu kita antisipasi.  Orang tua mana yang tidak senang jika melihat anaknya aktif dan cerdas. Terlebih lagi jika perkembangan anak tidak mengalami kendala yang berarti. Sebagai orang tua jeas inilah tugas utama kita, apalagi jika kita adalah seorang ibu. Katanya, ibu adalah tempat pertama anak dalam mendapatkan pendidikan. Ya jelas. Karena anak-anak sebagian besar waktunya jika maih balita adalah ditemani oleh ibunya. 

Mencetak generasi unggul adalah tugas utama seorang ibu disamping memperhatikan kesehatan fisik dan nutrisi yang dikonsumsinya. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mendukung dengan baik perkembangan anak. Anak usia balita adalah usia dimana dia sudah mulai mengekplorasi dirinya. Apalgi jika anak sudah mulai brjalan. Memasukkan apa saja yang dilihatnya ke dalam mulut adalah hal yang sering kita temui, tanpa terkecuali anak kita. 

Dalam mencetak anak supaya tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usianya adalah dengan cara memberikan keleluasaan kepada anak itu sendiri dalam mencari hal yang ingin dia ketahui. Tugas kita adlaha mendampingi dan mengawasinya jika saja yang dilakukannya adalah hal yang bisa membahayakan dirinya. 

Menanamkan nilai-nilai positif kepada anak mampu memberikan pengaruh yang sangat besar kepadaanak itu sendiri. Hal yang sangat berpengaruh dalam bagaiana anak dapat menjalani masa depannya disuatu hari nanti dengan ataupun tanpa kita mendampingi. Dengan bekal tersebut besar harapannya jika kita mampu membuat anak menjadi anak yang mandiri dan mampu bertanggung jawab. Tanggung jawab pun sudah mulai bisa kita kenalkan sejak usia dini. 

Nah, penanaman nilai-nilai positif tersebut seperti : 
Mulai mengajarkan anak tentang ibadah. 
Agama merupakan dasar dalam pembentukan anak. Anak yang memiliki akhlak yang mulia in sya allah mampu membawa dirinya kepada hal-hal yang baik kepada. Mendekatkan dirinya kepad Tuhan adalah cara yang paling dasar dalam membentuk anak. Dalam islam, sudah banyak yang bisa kita ajarkan kepada anak sejak usia dini. Seperti membaca doa sebelum makan, mengucapkan syukur alhamdulillah setelah makan, mngucapkan salam dan lain sebagainya. 

Mendorong anak supaya menjadi anak yang pemberani
Berani dalam arti disini adalah bukan berarti anak tidak dikenalkan dengan yang namanya rasa takut loh Moms. Tetapi lebih kepada mengarahkan anak supaya anak memberanikan diri dalam mengekplorasi dirinya akan sesuatu yang membuat dia tertarik. Diharapkan juga sang anak mampu bertahan dalam menghadapi masa depan nantinya. 

Mendorong Kreatifitas sang anak 
Secara sadar, anak memiliki imajinasinya sendiri yang bisa saja diekspresikannya lewat kreatifitas yang mungkin bagi kita orang dewasa adalah suatu hal yang biasa. Dukung itu karena itu adalah salah satu kunci agar anak menjadi anak yang cerdas kemudian kelak. 

Ajarkan anak apa itu rasa peduli 
Mengajarkan anak tentang rasa peduli adalah salah satu hal yang tidak bisa disepelehkan Moms. Ini bisa berpengaruh terhadap nilai sosial yang dimiliki anak nantinya. Adanya rasa empati yang dimiliki anak membuat anak bisa diajak bekerjasama dalam berbagi dan memahami perasaan orang lain. Apalagi jika anak sudah mulai bergaul dengan teman sebayanya. Berpengaruh juga dalam meminimalisir keributan antar anak dalam misalnya memperebutkan mainan. Dan diharapkan juga anak tidak menjadi anak yang egois dan keras kepala dan maunya semau sendiri. 

Tumbuhkan rasa seorang pemimpin 
Menumbuhkan sosok pemimpin didalam diri anak bisa dikatakan bisa menumbuhkan rasa percaya diri yang juga berpengaruh terhadap dunia sosialnya. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi juga tidak baik. Dengan adanya jiwa pemimpin, anak diharapkan mampu mengontrol dan menjadi seseorang yang mandiri dan memberikan pengaruh yang baik dalam dunia sepermainanya. 

Jangan memanjakan anak 
Kalau soal ini, sepertinya hampir setiap orang tua selalu memanjakan anaknya ya termasuk saya moms. Tapi jangan sampai kebablasan. Ini bisa menjadi salah satu hal yang mempengaruhi anak nantinya moms.

Tanpa kita sadari ternyata banyak hal yang masih kita perhatikan lagi ya moms. Terlepas dari bagaimana cara kita mengasuh atau pun pola asuh yang diterapkan oleh tiap-tiap orang tua yang berbeda-beda. Sebenarnya yang ingin kita berikan dan selalu ingin kita berikan kepada anak adalah yang terbaik dari kita. Tentu saja mana ada sih moms orang tua yang tidak sayang ataupun tidak perduli akan anaknya. Namun caranya masih banyak yang perlu kita pelajari.

Oke moms. Sekian dulu sharing lewat tulisn ini. Bukan menggurui tapi hanya berbagi pengalaman. Kalau moms atau ayah-ayah sekalian bagaimana nih? Selamat berbagi. Berbagi itu indah dan menyenangkan ya moms. 

Senin, 03 Juni 2019

Perkembangan Anak Menginjak 1 Tahun Ke Atas


Duhhh, kalau sudah berbicara tentang anak rasanya saya jadi semangat buat berbagi dan menulis nih moms. Apalagi kalau ini sesuai dengan usia anak dan pengalaman yang saya alami sendiri. Masih ingat dengan jelas saya bagaimana perjalanan anak saya menginjak usia satu tahun. Mulai dia sudah bisa berjalan sendiri dan bahkan bagi saya yang seorang ibu baru nan lebay ini melihat dengan sendirinya setiap detik perubahan perkembangan yang meskipun simple berasa seakan kejatuhan doorprize. Lebay ya moms. Tapi memang begitulah yang saya alami moms. 

Tentunya, semakin kesini kita selaku orang tua tetap harus selalu mengawasi ya moms. Apalagi si anak sudah bisa berjalan sendiri. Siap-siap merelakan rumah tak seindah dulu dan asingkan dulu deh barang-barang yang imut-imut untuk mempercantik rumah demi keleluasaan anak yang rasa ingin tahunya tinggi itu namun bisa menghancurkan dan membuat kita geleng-geleng kepala karena dia yang sudah bisa meraihnya sendiri. 

Dilema sang ibu yang lebay ini pun bergejolak. Apalagi saat merayakan ulang tahun pertama anak. Didalam hati 'Duhhhh nak, nggak berasa udah setahun. Jangan cepat besar ya nak. Biar bisa terus diunyel-unyel'. Nah, gimana bisa anak nggak tumbuh ya moms. hehehe . Seolah-olah diumur anak yang segitu si anak udah bisa keluar bermain sendiri sama teman sebaya nya ya moms kayak kids jaman now

Dalam mempersiapkan hal-hal yang lebih besar lagi untuk anak, kita pun selaku orang tua haruslah yang lebih dahulu paham bagaimana menghadapi dan mendidik anak sehari-hari Karena pendidikan yang pertama didapatkan oleh anak adalah dari orang tua dan kita selaku ibu adalah orang yang pertama kali sekaligus orang yang selalu menemaninya setiap hari. 

Nah, beberapa hal yang perlu kita perhatikan nih moms tentang perkembangan anak menginjak 1 tahun: 

Mengenal dan Memenuhi Asupan Makanan Sehat Bergizi Untuk Anak
Anak menginjak usia 1 tahunan ini masih membutuhkan ASI namun sudah mulai dikenalkan dengan MPASI sejak umur 6 bulan. Pemenuhan MPASI itu sendiri dengan memberikan makanan bergizi  yang tentunya dapat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Apalagi kita tahu sendiri anak menginjak usia 1 tahunan ini mulai aktif jadi butuh tenaga untuk kebutuhan sehari-harinya. Anak usia 1 tahun ini memerlukan setidaknya 1000 kalori perhari, protein 24 gr, kalsium 500 mg, serta zat besi 8 mg. Jangan lupa juga atur pola makannya ya moms. Biasa ana usia ini makan 3 atau bisa 4 kali dala sehari dengan porsi makan yang diberikan 1 magkuk berukuran 175ml atau sampai 250 ml. 

Stimulus Melalui Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 1 Tahun
Hal ini juga tidak bisa kita lupakan ya moms. Stimulus yang baik mampu meningkatkan perkembangan otak pada anak dan memberikan pengaruh untuk tumbuh kembang anak supaya  bisa berkembang secara optimal. Anak yang kurang atau bahkan tidak diberikan stimulus akan tentunya akan sangat berbeda. Anak yang dibri stimulus akan cepat berkembang dibanding anak seusianya. 

Yang bisa kita lakukan adalah memberikan mainan-mainan yang sesuai dalam menstumulus hal tersebut seperti memberikan mainan yang mengeluarkan suara, yang bisa anak pegang, bola yang bisa ditendang ataupun dilemparnya dan mainan yang bisa ditarik ataupun didorong anak. Bisa juga kita gunakan alat rumah tangga yang kita gunakan sehari-hari dirumah. Ajarkan juga anak dengan mengenalkannya dengan  buku bergambar atau bahkan anak kita berikan kertas dan pensil/pensil warna untuk dia mencoret-coret dan bahkan jika anak sampai merobek kertas pun itu bisa menjadi salah satu stimulus yang baik. Jangan pernah takut salah moms. Asalkan itu tidak membahayakan anak. 

Perkembangan Fisik 
Tentunya kita semua tahu ya moms tahap perkembangan anak-anak itu berbeda karena setiap anak istimewa. Mereka memiliki keunikan dan kecerdasan yang tidak bisa kita sama ratakan dengan anak seusianya yang lain. Jika biasanya anak usia 1 tahunan ini berat badannya bisa mencapai 7 - 10 kg dan tinggi badannya berkisar 70 - 78 cm dan anak moms belum mencapai itu bukan berarti anak kiat kekurangan gizi ya moms. Karena sejatinya, anak yang tumbuh sehat, lincah dan periang adalah impian semua ibu. Betul kan moms. Ini hanya sebagai penambah wawasan bukan sebagai pembanding antar kita ya moms. 

Perkembangan Kognitif, Emosi, Bahasa, Sensorik dan Motorik Anak 
Melalui segi kognitif kita bisa melihat kemampuan anak dalam hal mengingat, belajar serta mengingat perilaku orang-orang yang ada disekitarnya. Anak sudah bisa meniru, mengenal beberapa benda, dan bermain pura-pura. Terus lakukan interaksi dengan anak secara langsung ya moms. Bisa juga dengan mengenalkan gambar-gambar dan memberitahunya bahwa digambar otu ada apa misalnya gambar hewan, tumbuhan ataupun yang lainnya. Kita saling memulai dari hal sederhana ya moms. 

Dari segi emosi nih yang sering sekali kita temukan contonya adalah anak yang tidak bisa kita tinggal. Kalau terlihat olehnya kita akan pergi maka dialah orang yang pertama ingin ikut bahkan mengejar kita. Interaksi yang bagus adalah mealui pelukan. Setiap orang pasti ingin selalu dipeluk oleh orang yang dia sayang begitu juga yang dirasakan anak. Melalui pelukan anak akan merasa nyaman, aman dan tentram serta merasa dekat dengan kita selaku orang tuanya. Tak jarang juga anak kita melakukan tindakan lucu yang membuat dirinya semakin lucu didepan kita. Atau bahkan jika dia tidak suka akan sesuatu dia akan berkespresi layaknya orang yang marah dan juga akan mengamuk. Yang sering juga kita temui anak belum ingin berbagi dengan temannya bahkan kita sering menemukan anak kita berebut mainan dengan  anak seusianya. 

Semakin bertambahnya usia anak biasanya dari usia 15-18 bulanan anak sudah bisa memahami bahasa tunggal, mengenal benda/mainan yang sering ditemuinya. Bahkan ada juga anak yang sudah bisa mengucapkan beberapa kata tanpa salah pengucapannya. Anak pun jika sudah kita ajari mengenai anggota tubuhnya dia akan paham dan tahu itu dibagian mana jika kita tanyakan kembali. Megajak anak berbica adalah hal yang sangat perlu dilakukan nih moms. Meskipun anak masih belum bisa merespon sepenuhnya. Tataplah mata anak danbercerilah dengannya. 

Kemampuan motorik adalah kemampuan dimana anak sudah mampu untuk menggerakkan bagian-bagian tubuhnya. Yang ditandai dengan berjalan. Kemudian jika sudah lancar berjalan dia akan berlari, melompat. Ditandai juga berkembangnya anak adalah anak sudah bisa makan sendiri/ memegang sendoknya sendiri meskipun belum sempurna dan masih berantakan. Oh iya anak juga sudah bisa membolak-balik halaman buku yang dipegangnya loh moms. 

Waaawww. Ternyata sebegitu mengagumkan dan mendebarkan setiap melalui hari-hari perkembangan anak ya moms. Yang pastinya sangat menyenangkan bagi kita saat menghabiskan waktu seharian bermain bersama anak. Lelah mengerjakan pekerjaan seharian langsung terbayarkan lunas hanya dengan melihat senyum ceria sang anak. Semangat menjadi orang tua yang semakin baik ya moms dan ayah. 




Selasa, 21 Mei 2019

Try Out Online Gratis, Latihan Ujian Demi Nilai Terbaik


Menjelang Ujian pastinya banyak banget yang harus persiapkan. Selain mental dan kesehatan tentunya pemahaman materi yang matang juga wajib. Maka dari itu aku dan teman-teman yang lain sangat suka ikut try out. Banyak dari teman ku mereka itu try out dari tempat bimbelnya. Berhubung aku tidak ikut kelas bimbel jadi cukup sulit bagi aku untuk mengikuti try out.

Selain sekolah banyak lembaga pendidikan yang mengadakan try out namun beberapa diantaranya harus bayar dengan nominal yang lumayan. Karena persiapan untuk biaya kuliah aku yang tidak ingin membebani orang tua lebih memilih try out yang diadakan di sekolah.

Momen itu kakak aku memberitahukan sebuah aplikasi bimbel online yaitu RuangGuru. Ketika aku download aplikasi tersebut dan mendaftarkan diri ternyata terdapat latihan-latihan seperti try out online gratis di RuangUji.

RuangUji dapat diikuti untuk kamu yang akan menghadapi ujian nasional, ujian akhir sekolah ataupun SBMPTN hingga Ujian mandiri PTN. Dan yang perlu ditekankan try out online tersebut gratis loh alias tidak dipungut biaya. Karena banyak sekali manfaat ikut try out untuk yang mau ujian.

Manfaat Ikut Try Out Out Online Gratis

1. Pendalaman Materi

Ketika ikut try out pastinya kamu akan mengulang kembali materi pelajaran yang selama ini kamu pelajari. Disitulah saatnya kamu memahami kembali materi ujian.

2. Melatih Konsentrasi

Pada saat kamu try out pastinya kamu harus konsentrasi mengerjakan soal-soal tersebut agar dapat mengerjakan seluruh soal dengan baik sesuai dengan waktu yang ditentukan.

3. Melatih Manajemen Waktu

Saat try out pastinya ada waktu yang dibatasi untuk mengerjakan soal. Di situ lah manajemen waktu kamu akan dilatih bagaimana kamu dapat mengerjakan soal sesuai waktu yang ditentukan tanpa meninggalkan soal tanpa jawaban. Jadi ada beberapa tipe yang lebih mengutamakan soal mudah, mengutamakan soal sulit, dan yang mengerjakan sesuai urutan. Pilihan tersebut sesuai kemampuan kamu dalam mengerjakan soal.

4. Melatih Mental Saat Ujian

Pastinya saat ujian kamu akan cemas, panik dan takut jika soalnya sangat sulit dan khawatir jika tidak dapat mengerjakan dengan baik. Nah try out online gratis ini akan sangat membantu kamu untuk mengatasi hal tersebut. Semakin sering kamu latihan, pastinya mental kan akan terbiasa dengan soal-soal yang diberikan. Jadi ketika kamu ujian kamu akan dengan tenang mengerjakan soal ujian tersebut tanpa cemas atau panik.

5. Evaluasi Belajar

Jadi try out online gratis juga bisa menjadi sarana evaluasi belajar bagi kamu. Ketika kamu try out, hasil dari try out tersebut bisa menjadi pertimbangan bagaimana nilai kamu. Dan materi apa yang belum kamu kuasai agar kamu bisa lebih fokus pada materi tersebut.

Manfaat try out sangat banyak untuk keberhasilan ujian kamu. Jadi sangat sampai kamu melewatkan try out ya. Jika kamu ingin try out online gratis seperti aku kamu bisa buka RuangUji di ruang guru untuk dapatkan latihan latihan soal secara gratis. Kamu juga bisa ikut bimbel onlinenya seperti aku agar materi ujian semakin matang jadi kamu dapat dengan tenang dan percaya diri saat mengerjakan ujian tersebut.

Senin, 06 Mei 2019

Tahun Lalu Bisa, Kenapa Tidak Dengan Tahun Ini


Alhamdulillah bertemu kembali dengan ramadhan di tahun ini. Tanpa terasa sudah menjalankan puasa lagi ya Moms. Bulan Ramadhan kembali menyapa kita. Alhamdulillah sekali rasa syukur yang tiada terkira masih dipertemukan lagi ya. Semoga bisa menjalankan ibadah dan mendapat rahmat dari yang kuasa ya Moms. 

Sesuai dengan judul sepertinya kalau diberikan pendahuluan seperti di atas pasti sudah paham ya Moms saya mau ngebahas apa. Yap, banyak saya temukan di timeline media sosial saya bu-ibu yang pada galau nih. Terutama bu-ibu yang sekarang seperti saya. Dalam masa menyusui. Yang satu perguruan, cung acung tangan hehehhe. 

Bagi saya pribadi, selagi saya kuat dan tidak berpengaruh dengan ASI unuk si anak kenapa tidak toh dua-duanya adalah suatu kewajiban. Yang satu kewajiban kepada sang pencipta dan yang satu lagi adalah kewajiban sebagi seorang ibu atas karunia yang sudah diberikan oleh sang pencipta. Jika keduanya bisa berjalan dengan beriringan dan in sya allah diberkahi kenapa tidak kan Moms? Akan tetapi kita juga tidak boleh egois ya Moms. Dalam agama islam kita diberikan kelonggaran dengan cara menggantinya dilain waktu atau dengan cara membayar fidyah. Nah berhbung ranah saya belum berani menjelaskan dalam segi agamanya jadi saya cuma singgung sedikit yah Moms. Saya ingin berbagi pengalaman dengan Moms sekalian mengenai puasa disaat sedang menjalankan tugas ibu dalam hal mengASIhi alias memberi ASI. 

Kalau dihitung-hitung saya mencoba puasa dan menyusui secara berbarengan adalah disaat usia anak saya 4 atau 5 bulanan Moms. Yah, tahu sendiri kan Moms kalau di usia itu bayi masih full ASI dan belum saya kenalkan dengan MPASI. Kalau sekarang mah si adek udah 15 bulanan jadi sudah dibantu dengan MPASI. Saya memberanikan puasa saat itu adalah karena sepertinya puasa saya tidak mengganggu produksi ASI untuk si adek. Mungkin bagi sebagaian orang itu adalah tindakan nekat dan tidak mementingkan bayi tapi bagi saya jika semuanya masih aman, saya lanjutkan. Toh tidak ada yang memaksa saya. Rasanya sayang kalau tidak puasa ya Moms. Kapan lagi coba puasa dan ketemu bulan ramadahan. Kan cuma setahun sekali datangnya. 

Meskipun seperti itu banyak hal yang harus lebih ekstra lagi saya perhatikan apalagi soal asupan makanan yang tentunya harus menyesuaikan dengan puasa tadi Moms. Berikut yang selalu saya perhatikan dan lakukan Moms. 
  1. Tetap menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dan tidak ketinggalan dengan yang namanya buah-buahan segar, makanan yang mengandung serat, konsumsi susu, serta konsumsi menu sahur maupun berbuka yang tinggi akan protein. Atau bisa dengan mengusahakan komposisi nutrisi terdiri dari 20% lemak, 30% protein dan 50% karbohidrat. 
  2. Perhatikan juga konsumsi makanan yang tentu saja bisa tetap menjaga produksi ASI kita Moms.  
  3. Meskipun berpuasa, mengkonsumsi air putih jangan sampai telalaikan Moms. Karena sudah jelas, kita sebagai ibu yang menyusui jangan sampai dehidrasi. Konsumsi air putih minimal 2 liter perhari. 
  4. Kemudian imbangi juga dengan istirahat yag cukup ya Moms tapi jangan berlebihan juga. Nanti malah puasanya jadi kurang afdol kalau kita cuma tidur doang hehehe 
  5. Kurangi aktifitas yang bisa menguras banyak energi. Kalaupun harus, kerjakan secara pelan-pelan dan Keep it slow, Moms. 
  6. Banyak yang bilang semakin kita sering memberikan ASI ke anak kita, maka semakin banyak juga produksi ASI yang keluar. Jadi, mengASIhi nya jangan sampai terlalaikan juga ya Moms. 
TIPS : Saya juga pernah baca kalau bagi busui, agar ASI tetap lancar meskipun berpuasa adalah dengan mengkonsumsi kurma disaat berbuka dan sahur. Baik itu mengkonsumsi kurma dengan cara diblender yang dicampurkan dengan susu atau bisa juga dengan membuat air nabees yaitu meminum rendaman kurma dengan air. Akan tetapi redaman air kurma ini jangan yang sudah terlalu lama direndam Moms. Karena air rendaman kurma yang terlalu lama direndam akan terjadi proses fermentasi. Cukup rendam kurma sekitar 4 - 8 jam saja ya Moms. 
  
Intinya adalah kesanggupan dari kita sendiri sih Moms. Kalau dirasa memang belum sanggup dan malah berpengaruh yang tidak baik untuk produksi ASI lebih baik difikirkan ulang lagi dengan matang-matang. Minta saran suami dan orang-orang terdekat juga apalagi yang sudah berpengalaman bila perlu. Semua juga demi anak kita sendiri ya Moms. Jadi, sebagai sesama ibu-ibu yang sedang menyusui dan ingin berpuasa kita saling menyemangati ya Moms. Semagatttttttttt.