Realitas Eksistensi Masyarakat Adat Indonesia

Keberagaman Indonesia menjadi hal yang tidak ternilai harganya dan harus dipertahankan keistimewaanya. Salah satunya yaitu Masyarakat Adat yang memiliki ciri khas masing-masing pada setiap wilayah dan tersebar luas di seluruh Indonesia.

Padang memiliki Rumah Gadang sebagai rumah adat, Bali memiliki upacara adat Ngaben, Banten dengan suku Baduy nya serta masih banyak lagi. Semua hanya ada di Indonesia. Tidak salah jika Indonesia disebut sebagai negara budaya.     

Berbicara mengenai ragam pesona lengkap dengan adat istiadat, Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Mulai dari pesona alam, kebudayaan di tiap-tiap daerah dengan keunikannya tersendiri, budaya dan lain sebagainya. Budaya atau pun adat istiadat mulai diturunkan dari nenek moyang atau para leluhur.

Melestarikan budaya maupun adat istiadat secara turun temurun bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Padahal melestarikan peninggalan para leluhur supaya bisa terus kita ingat dan tidak hilang dimakan oleh zaman menjadi tugas bagi kita semua. Apalagi Indonesia terdiri dari beragam kisah mendalam pada tiap-tiap daerah mengenai peninggalan dari leluhur-leluhur terdahulu. Setiap masyarakat adat di daerah tertentu memiliki suku, adat, budaya dengan karakteristik yang berbeda dan unik.   

Layaknya kita yang meneruskan perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan, sebagai penerus siapa lagi yang akan meneruskan garis leluhur dan peninggalan yang lainnya agar tidak dilupakan kalau bukan kita yang saat ini adalah generasi muda. Generasi muda saat ini akan kita teruskan juga kepada generasi berikutnya dan begitulah seterusnya hingga akan terus diingat, dilakukan, dan tidak akan terlupakan bahkan hilang dan hanya menjadi sejarah saja. 

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) yang merupakan organisasi kemasyarakatan yang independen dengan membawa visi untuk mewujudkan kehidupan yang adil dan sejahtera bagi semua masyarakat adat di Indonesia. Beberapa waktu lalu kami #Ecobloggersquad mengadakan zoommeeting bersama kak Mina Setra selaku Deputi IV Sekjen AMAN Urusan Sosial dan Budaya. Pada online gathering tersebut kami membahas dan mengenal lebih jauhmengenai betapa bangganya Indonesia dengan adanya Masyarakat Adat yang Kaya akan tradisi dan budaya.

Cakupan kerja AMAN pun sudah mencapai tingkat lokal, nasional dan internasional untuk mewakili dan melakukan advokasi untuk isu-isu masyarakat adat.  Dengan kata lain, AMAN mampu menjadi salah satu wadah bagi masyarakat adat untuk terus menjalankan dan mempertahankan hak-hak yang sudah seharusnya masyarakat dapatkan tanpa terkecuali serta dapat terus melanjutkan peninggalan para leluhur.  

Siapa Itu Masyarakat Adat? 

Masyarakat adat tentu bukanlah sesuatu hal yang asing untuk kita dengar. Sebenarnya apa sih masyarakat adat tersebut? Mengingat keberagaman budaya, kultur dan sejarah dari masyarakat adat membuat definisi secara khusus mengenai masyarakat adat sulit untuk didefinisikan. Akan tetapi ada definisi kerja dimana masyarakat adat memiliki hak untuk menentukan siapa jati diri mereka.   

Ada beberapa elemen yang memperlihatkan bahwa satu komunitas bisa dikatakan masyarakat adat jika : 

1. Memiliki wilayah adat

2. Hukum adat yang berlaku dan dihormati 

3. Perangkat adat

4. Spiritual 

Dengan adanya hukum adat bukan berarti menghukum tetapi lebih kepada untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Jadi ketika masyarakat melakukan kesalahan maka akan diberlakukan hukum adat dengan maksud untuk memperbaiki keseimbangan tersebut.  

Kecerdasan masyarakat adat patut kita acungi jempol. Contohnya dari hasil alam mampu mereka sulap menjadi karya tangan nan indah, kearifan lokal yang masih terjaga dengan pesona rumah adat yang kokoh yang seakan menyatu dengan alam yang menjadi salah satu bukti peninggalan kebudayaan dari leluhur, produk kerajinan tangan seperti kain tenun yang dalam pembuatannya membutuhkan presisi yang sedemian rupa sulitnya namun tetap dilestarikan dan seakan-akan memberi tahu kita  khususnya masyarakat perkotaan bahwa hal yang sulit bagi masyarakat perkotaan malah menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat adat dan kita patut bangga akan kebudayaan tersebut. 

Hanya dengan melihat prosesnya saja, kita semua tahu bagaimana proses membuat kain tenun tanpa bantuan alat yang canggih, tanpa mesin namun tetap mempesona dan cantik dan bisa dibuat dengan tangan kosong saja. 

Hubungan dengan alam yang kuat menjadikan masyarakat adat layak dikatakan seniman sejati. Masyarakat adat dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari sepenuhnya mengandalkan alam dan lingkungan. Bagi masyarakat adat, hutan bukan hanya sebagai penyedia bahan untuk kebutuhan tetapi juga merupakan rumah bagi para leluhurnya.  Maka dari itu masyarakat adat sangat memiliki rasa ketergantungan tinggi akan alam dan menjaganya wilayah adatnya dengan sepenuh hati. Masyarakat adat secara global diakui sebagai penjaga bumi sejati dimana mereka memanfaatkan namun bukan mengeksploitasi secara berlebihan. 

Dibalik konotasi yang kurang baik dari sebagian orang mengenai masyarakat adat ternyata lebih banyak pikiran bijak dan secara sadar dalam hal memanfaatkan sumberdaya yang ada. Masyarakat adat sudah berfikir maju dan tidak ingin egois jika sumber daya yang ada saat ini digunakan secara berlebihan bagaimana dengan kelangsungan hidup anak-cucu dimasa yang akan datang. Pemikiran yang sederhana namun sangat berpengaruh untuk masa depan dan keberlangsungan sumber daya alam kita. Ibarat kata percuma kita kaya akan sumberdaya namun tidak bisa kita olah secara bijak. 

Saat ini ditengah kemajuan zaman, kebudayaan semakin tergerus dan bisa jadi akan hilang jika tidak dilestarikan. Belum lagi muncul berbagai ancaman yang bisa merugikan masyarakat adat. Kriminalisasi terhadap masyarakat adat pun sudah sering terjadi. 

Anggota muda AMAN berinisiatif membuat berbagai Gerakan seperti Gerakan Pulang Kampung yang kemudian bersama melindungi dan mengelolah wilayah adatnya dengan membuka lahan kebun yang ternyata memberikan  penghasilan menjanjikan dan jauh lebih besar dari penghasilan mereka ketika bekerja diperkotaan. 

Mereka juga bersama membuat sekolah adat dimana sekolah ini dijadikan sebagai media ajar untuk terus melestarikan kebudayaan diwariskan kepada generasi penerus, membangun konservasi berbasis pertanian organik, serta membangun sanggar-sanggar budaya di komunitas. 

Masalah Di dalam Masyarakat Adat 

Dalam masyarakat tentu ada masalah yang bisa mengancam termasuk bagi masyarakat adat. Masyarakat adat memiliki berbagai tantangan serta masalah baik  eksternal maupun internal. 

  • Tantangan externalnya seperti adanya perampasan wilayah adat, penebangan hutan, kebakaran hutan, serta kerusakan lingkungan akibat tambang dan kelapa sawit. Belum lagi tidak diakuinya kepercayaan tradisonal, pelecehan terhadap ritual ataupun adat istiadat dan marginalisasi terhadap masyarakat adat masih sering terjadi. 
  • Tantangan internal meliputi masuknya modernisasi yang bisa merusak tatanan masyarakat adat, adanya ketidak pedulian anak-anak muda masyarakat adat yang sudah keluar kampung dan memilih untuk tidak perduli lagi, serta adanya tradisi dan sistem dikomunitas yang masih belum cukup untuk lebih mengapresiasi peran perempuan.
Jika wilayah habis maka masyarakat adat pun akan ikut habis. Jika ingin kebudayaan terus ada maka semua harus saling mendukung. Wilayah adat merupakan pondasi kebudayaan. Tidak akan ada yang namanya hanya memperjuangkan pelestarian musik saja ataupun tarian saja tetapi malah merampas hak wilayah masyarakat adat. 

Hak Masyarakat Adat 
Berbicara mengenai hak, setiap makhluk hidup memiliki hak yang sama tanpa terkecuali bagi masyarakat adat. Masyarakat adat memiliki hak untuk mewujudkan, mempraktikkan, mengembangkan, mengajarkan tradisi, adat istiadat serta upacara spiritual mereka. Masyarakat adat juga berhak untuk mempertahankan, melindungi serta memiliki akses keleluasaan pribadi terhadap situs-situs religi dan kultural mereka. 
Saat ini UU mengenai pengakuan akan masyarakat adat memang ada akan tetapi tidak adanya UU turunannya yang bisa melindungi masyarakat adat. Dengan adanya UU Masyarakat adat selain sebagai sejarah penting UU Masyarakat di kancah Asia bahkan dunia, juga bisa menjadi sebuah pondasi perlindungan dan mendukung perlindungan masyarakat adat. Maka dari itu bersama kita dukung #SahkanRUUMasyarakatAdat sebagai wujud solidaritas kita untuk teman-teman yang sudah berjuang menjaga alam untuk kita. 

Bangga Akan Masyarakat Adat 

Ditengah gempuran hebat perkembangan zaman, ada perjuangan hebat masyarakat adat untuk terus melestarikan adat istiadat yang menjadi jati diri dan kebanggan dari kita masyarakat Indonesia secara luas. Bukan hanya peranan mereka dalam menjaga dan memperhatikan alam tetapi juga berbagai perjuangan mereka untuk tidak pernah lelah membuat kita masyarakat perkotaan untuk mencintai alam dan kembali dari alam karena kehidupan yang baik selalu bermula dari alam. 

Produk dari alam mulai dari kulinernya yang kaya akan cita rasa unik, ada juga yang bisa dijadikan untuk menunjang penampilan meskipun berasal dari alam namun tetap mempesona dan terlihat elegan, peralatan rumah tangga yang juga bisa kita dapatkan dari alam dan masih banyak lagi lainnya yang patut untuk kita semua banggakan dan lestarikan. 

Bhineka tunggal Ika memang layak menjadi moto bagi kita masyarakat Indonesia mengingat keberagaman budaya yang berbeda tiap daerah. Masyarakat adat bukan hanya berhak mendapatkan hak yang sudah semestinya mereka miliki yang merupakan warisan para leluhur, masyarakat adat juga pantas untuk hidup bermartabat dan tentunya juga berdaulat secara politik. 

Maka dari itu, bangga kita bukan hanya mengenai prestasi di akademik tetapi juga bangga dalam hidup bergotong royong serta saling mendukung demi masyarakat yang lebih baik juga menjadi suatu kebangga tersendiri. Juga di dukung oleh kekayaan budaya serta alam yang Indonesia miliki termasuk bangga akan adanya masyarakat adat Indonesia yang arif dan selalu menomor satukan menjaga alam agar tetap lestari dan terjaga. 

Kita satu, masyarakat Indonesia dan memiliki rasa persatuan yang tinggi baik masyarakat perkotaan maupun masyarakat adat yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Bertepatan juga dengan hari kemerdekaan Indonesia yang baru saja kita peringati, bersama masyarakat adat kita jaga dan lestarikan kebudayaan di Indonesia.


Posting Komentar

29 Komentar

  1. Indonesia memang luar biasa. Adat budayanya begitu unik dan beragam
    Semua ini harus banget kita jaga dan lestarikan
    Karena itu mari dukung percepatan kesadaran ini di seluruh lapisan masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. sling mendukung memang jadi salh satu faktor untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan ya kak

      Hapus
  2. Aku pernah ikutan zoom tentang masyarakat adat dan masyarakat dengan keyakinan Tuhan Yang Maha Esa, ternyata Indonesia beragam dan kaya banget akan budaya, seharusnya perbedaan bisa memperkuat masyarakat agar masyarakat adat ini keberadaanya diakui dan gak punah

    BalasHapus
    Balasan
    1. beener banget kak. Perbedaan ini yang buat kita kaya. Sayang ya kadang masih ada kesalah pahaman

      Hapus
  3. Indonesia memang kaya akan adat dan budaya, tetapi kalau tidak dilestarikan juga bisa punah dan tinggal cerita, itulah sebabnya bersama-sama kita perlu menjaga toleransi dengan masyarakat adat dan memberikan hak-hak mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, percuma kaya kalo tidak dilestarikan dan terus diturunkan dari generasi ke generasi ya kak

      Hapus
  4. Nah ini betul sekali, ada istiadat budaya kita perlu dijaga dan dilestarikan agar tidak tersapu perkembangan zaman

    BalasHapus
  5. Kadang itu kita emang nggak sadar ya kak betapa besarnya peran masyarakat adat nggak hanya buat lingkungan hutan, tapi juga masyarakat luas lainnya. Udah saatnya emang kita menjaga dan melindungi hak masyarakat adat sebagai bagian penting Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak. Masih banyak dari kita yang masih salah paham ya

      Hapus
  6. Kadang itu kita emang nggak sadar ya kak betapa besarnya peran masyarakat adat nggak hanya buat lingkungan hutan, tapi juga masyarakat luas lainnya. Udah saatnya emang kita menjaga dan melindungi hak masyarakat adat sebagai bagian penting Indonesia

    BalasHapus
  7. Kita patut berbangga hati menjadi bangsa Indonesia ya. Dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika membuat masyarakat yang terdiri dari adat, suku, bahasa dan budaya yang berbeda-beda namun bisa dipersatukan. Inilah yang membuat kita harus ikut mempertahankan keberadaan masyarakat adat dengan berbagai kebiasaannya, yang sudah menjadi ciri khas mereka. Bagaimanapun keberadaan masyarakat adat menjadi tolok ukur tetap lestarinya hutan dan segala isinya, tanpa disalahgunakan oleh pihak2 tertentu yang tak bertanggung jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu bangga kak. Banya hal yang memang harus kita banggakan menjadi salah satu bagian dari Indonesia.

      Hapus
  8. Indonesia sungguh kaya dalam hal budaya dan peradaban. Saya sangat berharap masyarakat adat tetap eksis di tengah modernitas zaman dan pengaruh budaya dan aliran keyakinan dari luar.

    BalasHapus
  9. Bhinneka tunggal.ika, macam adat dan budaya..sebuah keunikan tersendiri dari Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. hidup rukun, damai dan terus saling mendukung ya kak

      Hapus
  10. Aku senang bisa ikutan acara online gathering ini
    Jadi tahu banyak tentang masyarakat adat

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin tau, makin banyak ilmu, makin sadar kalo kita emang harus selalu memperluas wawasan ya kak kalo ikut gathring seperti ini

      Hapus
  11. Suka banget sama materinya kak Mina Setra kemarin mbaa, aku pun jadi punya banyak insight terkait masyarakat adat karena meeting kemarinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget mas. Kita makin dapat banyak ilmu dan wawasan tentunya ya

      Hapus
  12. salut banget dengan masyarakat adat yang tetap pendirian teguh melesarikan adat istiadat, ditengah gempuran era modern ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. mereka aja selalu menjaga alam, masa kita nggak semangat juga menjaga ya kak

      Hapus
  13. Indonesia, memiliki keberagaman adat istiadat. Sepatutnya generasi muda, makin mengenal peninggalan leluhur beserta adat istiadatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang muda yang harus semakin semangat ya kak meneruskan perjuangan melestarikan budaya

      Hapus
  14. masyarakat adat kayanya kalau di daerah sudah gak terlalu kuat kaya dulu yaa, padahal adat istiadat di Indonesia tuh merupakan salah satu kekayaan negeri kita tercinta, keren juga sih ada yang care sama hal ini yaitu komunitas AMAN

    BalasHapus
  15. Jadi tahu makna masyarakat adat dan mengapa Indonesia harus menjaganya.
    Karena dari masyarakat adat yang menjaga kelestarian alam dan segala peruntukan alam untuk masa depan.

    BalasHapus
  16. Selalu salut dengan masyarakat adat yang mampu menjaga klelsetarian budaya di tengah gempuran teknologi seperti sekarang ini. Kebijakan dan kearifan lokal yang mereka miliki telah membentengi lingkungan dari perbuatan tidak bertanggung jawab. Memang, terkadang orang lebih takut dengan sanksi adat dibandingkan sanksi hukum...

    BalasHapus
  17. Masyarakat adat di Indonesia itu sangat beragam ya. Wajib banget dilestarikan agar anak cucu kita bisa tetap mengenal masyarakat adat.

    BalasHapus
  18. Hmmm bangga sih menjadi bagian Indonesia yang kaya akan budaya dan adat istiadatnya juga masih kental banget dalam masyarakat kita.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...