Energi Terbarukan Biofuel, Transisi Bahan Bakar Fosil

Isu berkaitan dengan lingkungan tidak bisa diacuhkan begitu saja. Belajar dan selalu menambah ilmu adalah salah satu cara dalam berusaha mengambil tindakan dalam menjaga lingkungan sekitar. Maka dari itu tanpa kenal bosan pula bersama saling belajar. Dikesempatan kali ini Eco Blogger Squad kembali mendapatkan pembelajaran dan materi berharga dari pemateri yang tentunya sangat menginspirasi dimana kali ini membahas mengenai "Mengenal Lebih Jauh Tentang Biofuel" bersama Blogger Perempuan Network, Traction Energy Asia dan Yayasan Madani Berkelanjutan. Traction Energy Asia merupakan lembaga research independent yang berfokus pada isu transisi menuju energi bersih dan terbarukan. Kesempatan kali ini pula kami mendapatkan pengetahuan lebih lanjut dari kak Kukuh Sembodho selaku program asisten biofuel yayasan madani berkelanjutan dan kak Riki Amukti selaku Engagement Manager Traction Energy Asia. 

Bahan bakar menjadi salah satu hal yang tidak bisa kita lepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Sektor energi memanglah memiliki peranan penting bagi perekonomian nasional. Apalagi di negara kita, pemasukan terbesar adalah dari sektor energi dan sumber daya mineral seperti minyak, gas bumi, batu bara dan masih banyak lagi lainnya. Indonesia masih bergantung pada energi fosil. Tentunya ibarat kata yang namanya pasokan yang dulunya banyak jika digunakan terus menerus, jika dimanfaatkan terus menerus pastinya lama-lama akan berkurang, menipus dan kemudian akan habis. 

Ketergantungan akan energi fosil dengan kebutuhanannya yang masih cukup tinggi, akhirnya mendatangkan masalah seperti menipisnya cadangan energi fosil tersebut, laju permintaan semakin besar yang tidak seimbang dengan hasil produksi akibatnya harga menjadi naik, dan tentunya yang tidak bisa kita hindari lagi emisi gas rumah kaca. 

Berkaca dari masalah tersebut tentulah akan adanya pengembangan mengenai alternatif energi lain selain menggunakan bahan bakar dari fosil. Lalu munculah konsep mendekarbonisasi yaitu menggantikan bahan bakar fosil dengan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan yang dicapai dengan penerapan teknologi dan sumber energi rendah karbon. 

" Sudah pernah dengar bahan bakar nabati (biofuel)? Bahan bakar nabati (Biofuel) berdasarkan Permen ESDM 25 Tahun 2013 adalah bahan bakar yang berasal dari bahan-bahan nabati dan/atau dihasilkan dari bahan-bahan organik lain yang ditataniagakan sebagai bahan bakar lain ". 

Bahan Bakar Nabati (Biofuel) juga dikenal dengan biomassa yang merupakan sumber energi yang dihasilkan dari bahan organik tumbuhan ataupun hewan. Bahan Bakar Nabati (Biofuel) diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) yaitu : 

  1. Bioetanol. Berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sawit, tebu, singkong, ubi jalar, alga dan jagung. 
  2. Biodiesel. Bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari bahan alami terbarukan yang merupakan turunan tumbuh-tumbuhan yang tentunya bisa dengan mudah kita jumpai di Indonesia seperti bahan baku minyak kelapa sawit, pohon jarak dan kedelai. 
  3. Biodiesel dari mikroalga dan bioetanol dari mikroalga, rumput lau dan sejenisnya. Hidrogen dari mikroalga hijau dan mikroba. 
Indonesia memiliki potensi untuk pengembangan sumber energi terbarukan dalam jumlah besar. Karena bahan baku bahan bakar nabati tersebut bisa dihasilkan kembali maka biofuel ini dianggap sebagai sumber energi terbarukan yang tentu saja berbeda dengan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi ataupun gas alam.  

Bahan bakar nabati (Biofuel) sebenarnya sudah lama dicetuskan sekitar pada tahun 80-an namun untuk di Indonesia pertama kali muncul dan diinisiasi program Bahan Bakar Nabati tahun 2006 dengan melalui Kebijakan Energi Nasional. 



Kebijakan BBN dan Komitmen Iklim 

Jika ditelaah lebih lanjut, apa sih tujuan dari kita mencari sumber bahan bakar selain fosil ini? Tentunya hal ini dipengaruhi karena lama kelamaan pasokan bahan bakar kita lama-kelamaan akan habis dan tidak bisa mencukupi pemenuhan sumber energi yang dibutuhkan. Jadi, dengan adanya sumber energi yang terbarukan ini diharapkan nantinya kita akan punya jalan keluar dalam mempertahankan sumber energi selain itu juga tentulah sebagai wujud komitmen kita dalam pengendalian emisi dan komitmen iklim. 

Biofuel  ini nantinya akan berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan energi nasional. Maka dari itu, rencana strategis memanglah sangat dibutuhkan dalam pengembangan bahan bakar nabati (biofuel) mengingat berbagai manfaat positif dari penggunaannya apalagi terhadap ketahanan energi nasional. 

Target pemerintah dimulai sejak tahun 2015 adalah B30 yang merupakan program pemberlakuan pencampuran komposisi yang terdiri dari 30% biodiesel dan 70% diesel. 

Saat ini, Indonesia kebanyakan menggunakan bahan bakar nabati yang dibuat dari bahan minyak kelapa sawit yang mau tidak mau akan mendatangkan masalah baru pula berupa ekspansi lahan yang berujung pada pengalih fungsi lahan. Dilihat dari profil GRK Indonesia, sektor folu (alih fungsi lahan) merupakan penyumbang emisi terbesar di Indonesia. 

Dengan skenario B30 - B50 pada 2024, terdapat kebutuhan lahan sawit baru seluas 20,4 - 22,8 HA. Tentu saja hal ini pun akan mendorong para produsen kelapa sawit melakukan ekspansi lahan agar dikemudian hari bisa memenuhi kebutuhan. 

Pengaruh Kebijakan BBN 

Pemanfaatan bahan bakar nabati (biofuel) berpengaruh pula pada perekonomian nasional. Penggunaan biodiesel berbasis kelapa sawit mampu menghemat devisa negara yang diakibatkan oleh ketergantungan bahan bakar fosil, komitmen iklim, pengurangan emisi gas rumah kaca serta memperbaiki lingkungan. Akan tetapi biodiesel sawit diperkirakan akan meningkatkan emisi Nitrogen Oksida setiap 10% bauran sebanyak 0,8% dibanding solar biasa. 

Dengan adanya plus minus yang berkembang, dibutuhkan keselarasan mengenai kebijakan bahan bakar nabati dengan komitmen iklim yang tidak bisa hanya dilihat dari bagaimana bahan bakar nabati dalam penggunaanya menghasilkan lebih banyak ataupun sedikit emisi. Apalagi akan adanya dampak seperti deforestasi yang perlu juga diperhatikan dalam menganalisis apakah kebijakan BBN sejalan dengan komitmen iklim Indonesia. Saat ini pun PT Pertamina sebagai BUMN yang melaksanakan mandatori biodiesel belum mewajibkan pemasoknya memiliki sertifikasi berkelanjutan. 


Jika dilihat dari keseluruhan lahan, pekebun sawit mandiri menguasai 40% dari total luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Akan tetapi mereka belum mendapatkan manfaat dari program biodiesel padahal hal ini nantinya akan berpengaruh pada terbantunya perekonomian petani swadaya dan terhindar dari deforestasi. Selain itu juga dengan menggunakan TBS kelapa sawit yang dihasilkan oleh lahan pekebun sawit mandiri ini dapat mengurangi emisi dari keseluruhan daur produksi biodiesel. 

Potensi lainnya pun dekat dengan kehidupan kita sehari-hari yaitu konsumsi minyak goreng sawit dan minyak jelantah. Bahan baku minyak jelantah dari sisa konsumsi minyak goreng dapat dimanfaatkan untuk menjadi biodiesel. Saat ini, dari sekitar 3 juta KL minyak jelantah, hanya kurang dari 570 ribu KL yang dimanfaatkan sebagai biodiesel maupun untuk kebutuhan lainnya dimana sebagian besarnya digunakan untuk minyak goreng daur ulang dan ekspor. Padahal menggunakan minyak goreng daur ulang untuk dikonsumsi kembali bisa membahayakan kesehatan karena minyak yang sudah digunakan berkali-kali akan menjadi sarang perkembangbiakan berbagai jenis bakteri. Jika dibuang pun akan merusak kandungan tanah dan kualitas air. 

Saat ini, minyak jelantah diekspor dan diolah menjadi biodiesel jadi sudah ada nilai ekonomis yang harganya cukup lumayan. Daripada minyak jelantah didaur ulang malah mendatangkan penyakit atau dibuang malah merusak lingkungan, lebih baik dijual untuk dimanfaatkan menjadi bahan baku biodiesel.  



Biodiesel memang berpotensi sekali dalam mendukung menurunkan emisi akan tetapi juga harus selaras dengan tidak adanya deforestasi, dan tetap memperhatikan faktor-faktor penting krusial lainnya. 

Ingin maju tentulah dibutuhkan terobosan mengarah kepada bergerak ke depan termasuk dalam langkah kebijakan bahan bakar nabati. Sejatinya, bahan baku bahan bakar nabati bukan hanya dari minyak kelapa sawit saja. Indonesia memiliki semua sumber bahan baku bahan bakar nabati yang bisa dimanfaatkan jadi tidak mesti hanya terpaku pada satu bahan baku saja yang bisa berbuntut panjang pada deforestasi. 

Semakin banyak bahan baku, semakin tinggi kemungkinan mencegah deforestasi tersebut. Cegah deforestasi sesuai dengan komitmen iklim indonesia. Bersama capai komitmen iklim dengan terus mendukung energi terbarukan demi masa depan indonesia dan anak bangsa nantinya. 


Posting Komentar

31 Komentar

  1. ngeri juga membayangkan BBM tinggal 10 tahun lagi stoknya ya jadi memang nggak ada cara lain selain beralih ke biodiesel

    BalasHapus
  2. Semoga saja Indonesia bisa mencegah situasi deforestasi ya, biar masa depan dan anak cucu semakin baik dengan mengelola bahan bakar sebaik mungkin....

    BalasHapus
  3. Bahan bakar fosil ke depan tentu akan musnah. Soalnya udah banyak ditambang hingga kini. Biofuel harus digalakkan krn lebih hemat dan ramah lingkungan. Bumi harus kita jaga sekarang. Jangan sampai marah dan bikin bencana di sana sini.

    BalasHapus
  4. Serba salah memang dengan menggunakan bahan kelapa sawit ini karena ada plus minusnya ya mba, semoga nanti ada inovasi baru untuk menciptakan energi terbarukan selain sawit

    BalasHapus
  5. Beberapa kali sempat menemui minyak jelantah yg dijadikan biodiesel, lumayan juga nih nilainya bisa jadi lapangan usaha baru.

    BalasHapus
  6. Salah satu PR besar adalah butuhnya sosialisasi masiv kepada masyarakat tentang adanya energi terbarukan biofuel, karena sepertinya masih banyak masyarakat yang belum tahu hal tersebut dan ketersediannya untuk digunakan

    BalasHapus
  7. kalo ngomongin BBM ini aku langsung bayangin lahan di kalimantan yang gundul
    sedih banget liatnya mereka seenak jidat nggak bertanggung jawab

    BalasHapus
  8. Semoga saat sdh ditemukan energi terbaharukan sbg pengganti BBM, tdk ada oknum yang menpersulitnya karena hal spt ini sering terjadi di indonesia..
    Misalnya, riset ttg air yg bisa menjadi pengganti BBM, dll yg dipersulit atau tdk didukung di dlm negeri..

    BalasHapus
  9. Wah, isu soal energi terbarukan ini, gak habis dibahas, ya. Tapi emang ngaruhnya ke banyak Hal, sih, apalagi kita bergantung banget sama energi. Jadi mesti bijak dan eco-friendly.

    BalasHapus
  10. kompleks banget ya kak persoalan biofuel ini. tapi jujur aja aku juga baru tau kalau minyak jelantah kita tuh diminati bangeett sama negara di eropa :D

    BalasHapus
  11. Ini jadi kaya makan buah simalakama sih ya mba, di satu sisi sawit itu ngga mungkinlah kita kesampingkan. Tapi yaa gitu efeknya sama lingkungan. salah satu alternatifnya ya pakai biofuel ini yah

    BalasHapus
  12. Kapan hari aku juga nllajar seputar energi terbarukan kak. Cuma perihal panel surya dma energi listrik

    BalasHapus
  13. Energi terbarukan ini semoga bisa merata digunakan ya, agar bahan bakar yang ada tidak lekas habis ataupun punah.

    BalasHapus
  14. Mulai sekarang memang harus menyiapkan kebutuhan bahan bakar untuk masa depan. Karena bahan bakar saat ini makin hari makin menipis.

    Untuk itu, perlu adanya sosialisasi dari pemerintah mengenalkan energi terbarukan, dan juga untuk menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  15. Energi terbarukan bisa jadi solusi ya untuk persoalan pencemaran lingkungan, apalagi stok BBM di bumi kita kian menipis

    BalasHapus
  16. Saya dulu suka banget melakukan penelitian tentang biofuel ini. Karena kebetulan tergabung dalam laboratorium energi. Salah satu yang berhasil dibuat zaman dulu itu ya minyak jarak.

    BalasHapus
  17. Betul sekali, di Indonesia masih sangat tergantung dengan energi fosil dan sudah harus mencari alternatif lain sebelum terlambat. Semoga Biofuel ini bisa jadi jawaban untuk Indonesia ya dan ketika memang sudah bisa diterapkan nanti semoga semua kalangan bisa menggunakannya dengan mudah dan dengan harga yang cocok tentunya

    BalasHapus
  18. Semoga kalau memang energi terbarukan ini efektif menggantikan bahan bakar fosil, segera diproduksi masal agar bisa digunakan semua kalangan dan yang pasti terjangkau sampai elemen masyarakat bawah yaa

    BalasHapus
  19. harapannya bahan bakar ramah lingkungan seperti ini bisa dikembangkan secara luas ya mbak
    biar lebih hemat kita dalam menggunakan bahan bakar fosil

    BalasHapus
  20. sekarang ini memang masanya berbagai negara berlomba nih membuat dan menemukan EBT pengganti BBM yang makin hari semakin langka dan sebenarnya kurang ramah lingkungan

    BalasHapus
  21. Pengembangan biofuel sebagai energi terbarukan memang masih menjadi PR besar bagi ilmuwan maupun insinyut dibidang energi. Karena sampai saat ini masih banyak kendaraan yang berbahan bakar BBM. Meskipun saat ini pula, kendaraan listrik sudah mulai disosialisasikan ke masyarakat.

    BalasHapus
  22. Minyak jelantah aku juga dikumpulin terus dijual kaa. Awal awal belum tau, maen buang aja. Tapi ternyata kalo dikelola bisa jadi bahan bakar ya.

    BalasHapus
  23. Kampanye pemanfaatan minyak jelantah ini kudu lebih digencarkan lagi deh, biar masyarakat semakin aware kalau minyak sisa pun ternyata bisa dimanfaatkan...

    BalasHapus
  24. Dana untuk penelitian yang tepat guna dan menjadi investasi masa depan mengenai energi terbarukan biofuel ini memang tidaklah sedikit. Semoga Pemerintah mendukung penuh setiap terobosan baru atas penelitian mengenai biofuel, demi kelangsungan hidup manusia dan keturunannya.

    BalasHapus
  25. Keren inovasinya, menghemat devisa negara yang diakibatkan oleh ketergantungan bahan bakar fosil, dan lain-lain. Tapi untuk sisi negatifnya yakni nitrogen oksida, sepertinya harus ada bioteknologi lain yang bisa mengatasi atau setidaknya mengurangi dampaknya

    BalasHapus
  26. Jadi untuk bahan bakar nabati ini merupakan solusi saat ini ya? Memang Indonesia memiliki banyak sumber daya, semoga segera ditemukan energi terbarukan yang dapat menggantikan BBM.

    BalasHapus
  27. kalau bicara masalah energi,, saya masih berpihak pada PLTN mas, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.. atau kalau energi terbarukan kayaknya lebih cocok pakau solar panel (listrik tenaga matahari)

    BalasHapus
  28. semoga di masa depan akan lebih banyak pengganti BBM sehingga lebih nyaman bagi masyarakat ya

    BalasHapus
  29. Apa hal seperti diatas termasuk sunatullah kak? Sesuatu yang menjadi ketetapan Allah ya kak. Semoga dunia khususnya Indonesia bisa mencegah situasi deforestasi dan para pakar dapat mengelola bakan bakar dengan bijak

    BalasHapus
  30. Apa hal seperti diatas termasuk sunatullah kak? Sesuatu yang menjadi ketetapan Allah ya kak. Semoga dunia khususnya Indonesia bisa mencegah situasi deforestasi dan para pakar dapat mengelola bakan bakar dengan bijak

    BalasHapus
  31. Duh, ngeri juga ya kalau nggak segera ada alternatif lain buat BBM. Semoga segera ada jalan keluarnya biar anak cucu tetep bisa hidup nyaman.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...