Awas! Ini Bahaya Kafein Bagi Wanita



Sebagai negara yang memiliki wilayah yang subur, tentunya tanaman jenis kopi bukanlah hal yang sulit untuk kita temui. Bahkan ada beberapa orang sudah terbiasa meminum kopi di pagi hari. Bagi penikmat kopi, menyeduh kopi bisa memberikan semangat tersendiri dan manfaatnya bisa membuat segar pikiran, ngantuk pun juga bisa hilang serta cocok banget untuk diminum kapanpun dan dimana pun. Dari harga yang murah nan terjangkau sampai ada yang bisa berkali-kali lipat harganya dari kopi hitam biasa. Sebenarnya kalau ini tergantung jenis dan olahannya yah. 

Nah, dibalik kenyamanan dan kenikmatan yang ditawarkan oelh segelas kopi, ternyata jika mengkonsumsinya berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan loh. Efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi kafein pada kopi bisa menimbulkan meningkatnya produksi hormon adrenal. Hormon adrenal ini bisa membuat jantung berdegup dengan kencang sehingga bisa menyebabkan sulitnya tidur. 

Bagi seorang wanita pun sebaiknya menghindari mengkonsumsi kafein ini secara berlebihan. Yuk, simak beberapa dampak yang bisa merugikan bagi kita kaum wanita yaitu : 

Dapat Menyebabkan Depresi 

Tanpa kita sadari, kafein yang kita konsumsi secara berlebihan berbahaya bagi kita para perempuan. Tingginya kandungan kafein bisa menjadi penyebab depresi selain itu juga mempengaruhi produksi dopamine. Lebih-lebih lagi kita bisa ketergantungan karena jika belu meminum kopi dopamine akan turun. Inilah biasanya yang menyebabkan kita akan merasa tertekan, sedih serta depresi.

Gastritis 

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan yang satu ini. Gastritis merupakan peradangan yang terjadi di dalam perut. Memang, beragam hal yang bisa melatar belakanginya. Salah satunya adalah karena konsumsi kafein tadi semakin memperparah yang bisa menyebabkan grastritis tersebut.

Penyebab Tidak Subur 

Nah, kalau yang sat ini bagi wanita bisa menjadi alasan kuat untuk mengurangi asupan kafein ya. Minum kopi bisa sangat membahayakan bagi alat reproduksi wanita. Hal ini bisa memicu penyakit pada tuba falopi dan endometriosis yang bisa menyebabkan wanita menjadi tidak subur. Kita tahu sendiri ya apa kelanjutannya dari ketidak suburan tersebut. Itu bisa menjadi penyebab wanita sulit hamil.

Osteoporosis 

Yang selanjutnya adalah menyebabkan osteoporosis. Semakin banyak asupak kafein yang kita konsumsi bisa menyebabkan kehilangan kalsium pada tubuh serta juga mempengarhi massa tulang. Biasanya yang terkena dampak adalah tulang punggung, pergelangan tangan dan kaki dan pinggang.

PMS 

Mood yang berubah-ubah bisa dipengaruhi oleh konsumsi kafein yang diperoleh dari meminum kopi. Terlebih lagi saat sedang PMS. Tahukan bagaimana rasanya jika modd wanita naik turun. Nggak enak banget ya. Tidak hanya itu, ternyata kafein juga bisa membat kita mengalami dehidarasi, menimbulan rasa resah yang membuat kita merasa tidak nyaman menjelang menstruasi.

Pembengkakan Pada Payudara 
Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kafein dengan berlebihan bisa menyebabkan pembuluh darah melebar yang bisa membuat payudara membengkak dan terasa nyeri.


Jadi bagi kita para wanita, sebaiknya menghindari atau paling tidak mengurangi yang namanya mengkonsumsi kafein apalagi jika itu dalam jumlah yang berlebihan. Karena kita harus memikirkan jangka panjangnya yang bisa sangat merugikan kita dikemudian hari. Sebaiknya kita perbanyak asupan air putih yang juga berpengaruh terhadap metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik. Jika pun ingin mengkonsumsi kopi dianjurkan hanya sat cangkir saja per harinya atau setara dengan 200 - 300 mg. 

Komentar

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...

Postingan populer dari blog ini

HONOR 8A Kenyamanan Dalam Mendengarkan Musik

Sensasi Memikat Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Kopi Gading Cempaka, Kopi Asli Bengkulu Yang Berani Beda