Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Tulang



Nah kalau diblog saya sebelumnya pernah membahas mengenai menjaga tulang kuat dan sehat, sekarang kita juga bahas yuk mengenai makanan yang baik dan bagus banget dalam menunjang menjaga kesehatan tulang.  

Memiliki tulang sehat dan kuat tentunya mau banget dong yah. Apalagi kalau bisa jauh-jauh dari yang namanya osteoporosis. Jadi kita tidak hanya makan saja tetapi juga dalam makanan tersebut memiliki manfaat yang harusnya baik untuk tubuh kita. Kita semua juga tahu bahwa berbagai macam penyakit bisa menjangkit tubuh kita apabila asupan nutrisi kurang terpenuhi. 

Demi memberikan dampak jangka panjang ataupun jangka pendek supaya tubuh kita bisa selalu senantiasa sehat dan bugar, pola hidup sehat adalah hal yang utama. Ternyata tidak hanya susu loh yang bagus untuk tulang. Ada beberapa makanan yang sudah umum dan sering kita makan sehari-hari ini ternyata bagus juga untuk tulang, simak yuk apa saja makanan tersebut. 

1. Sayuran Hijau Gelap


Sayur bukanlah hal yang asing bagi kita apalagi jika itu sayuran hijau. Jika kita termasuk orang-orang yang menerapkan hidup sehat tentulah sayur-sayuran terutama sayuran hijau akan selalu senantiasa tidak lupa terhidang di meja makan dalam menu makanan. Misalnya saja sayur bayam, kangkung, sawi hijau, bok choy, kubis cina, lobak dan brokoli. Semuanya kaya akan kalsium.  
Bayam diketahui baik untuk tulang karena mengandung kalsium dan Vitamin A, C dan vitamin K yang tinggi. Selain juga lezat, sayuran-sayuran ini juga tidak susah dalam pengolahannya dan yang paling penting rendah kalori sehingga bisa dikonsumsi oleh semua orang. Makanya anak-anak juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran termasuk sayur bayam ini loh. 

2. Olahan Susu 

Susu adalah salah satu minuman yang sudah ejak dari bayi dianjurkan untuk dikonsumsi. Sekarang sudah banyak olahan dari susu yang sudah kita kenal bahakn juga onsumsi sehari-hari seperti ypgurth dan keju yang memiliki kandungan yang kaya akan kalsium. Bberapa olahan pun juga kaya akan vitamin D. Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium dan vitamin D ini merupakan ineral yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. 

3. Ikan Salmon dan Sarden 

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau ikan salmon dan sarden terkenal dengan kandungan nutrisinya yang banyak dan sangat bermanfaat dalam penjagaan pola makan untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika ikan tersebut bukan dari hasil olahan dan masih segar. Akan tetapi, bukan berarti yang sudah dikemas secara kalengan seperti ikan sarden yang kita kenal tidak baik loh. Itu terbilang masih bagus kok. Ikan salmon dan sarden memiliki kandungan kalsium yang tinggi. 

4. Kentang 

Hidup di daerah yang memiliki tanah yang subur membuat kita tidak sulit dalam menemukan kentang untuk dikonsumsi sehari-hari Bahkan harganya terbilang terjangkau dan sangat ekonomis. Kentang sudah banyak kita temukan berbagai  macam pengolahanya jadi kita tidak perlu merasa khawatir akan bosan dalam mengkonsumsinya. Kentang kaya akan kandungan potasium yang dimilikinya dimana potasium itu sendiri memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan serta kepadatan tulang dan gigi. 

5. Buah-buahan 

Mengkonsumsi buah-buahan juga ternyata bagus untu tulang loh. Seperti mengkonsumsi buah jeruk dan stroberi. Buah jeruk kita kenal dengan kayanya kandungan vitamin C- nya. Vitamin C pada jerk atau asam askorbat merupakan nutrisi pembentukan kolagen, zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menyehatkan kulit, tulang dan gigi. 

Buah stroberi juga sama halnya dengan buah jeruk yang kaya akan kandungan vitain C-nya. Hampir semua orang suka dengan buah yang memiliki rasa manis-manis sedikit asam ini. Bahkan juga banyak kita temui olahan-olahan yang menggunakan buah ini baik itu untuk kue, minuman dan lain sebagainya. 

6. Susu Kedelai 

Ternyata tidak hanya olahan dari susu sapi yang baik untuk kesehatan tulang, susu dari kacang kedelai pun juga tidak kalah bermanfaatnya untuk kesehatan tulang. Susu kedelai ini juga mengandung nutrisi berupa kalsium sekaligus vitamin D yang tentunya baik untuk tulang. 

7. Tomat 

Toma adalah salah satu tanaman yang tidak susah untuk kita temui di Indonesia. Bahkan banyak olahan yang menggunakan tomat. Ternyata tomat juga merupakan ssumber kalium teratas loh. Jika kita mengkonsumsi satu cangkir tomat itu artinya kita sudah memenuhi jumlah kalium yang disarankan setiap hari. 

8. Kacang Almon 

Tidak hanya tinggin akan kalsium, kacang almon juga sangat flesibel dan mudah dimasukkan jika ada sedang melakukan diet. Cara mengkonsumsinya juga beragam, bisa dijadikan camilan, dicincang bahkan dipanggang sebagai taburan salad. Bisa juga menjadi pelengkap taburan dalam olahan kue dan roti. Kacang almon mengandung lemak dalam jumlah yang tepat sehingga kita tidak perlu mengkonsumsinya dalam jumah banyak untuk mendapatkan manfaat akan nutrisi yang terkandung dalam kacang almon tersebut.

9. Telur 

Wah kalau yang ini hampir jadi menu andalan setiap hari ya. Mudah, praktis dan enak. Kalau malas masak tinggal cari stok telur lalu olah sesuai dengan keinginan. Dalam telur, mengandung vitamin D dalam jumlah besar. Akan tetapi vitamin D hanya terdapat pada kuning telur. 

10. Sereal 

Sereal sudah sejak lama kita kenal namun mungkin sejauh ini kita belum mengetahui bahwa sereal diperkaya dengan kalsium dan vitamin D. Apalagi jika menikmati sereal dikombinasikan dengan susu pasti akan menambah asupan kalsium serta vitain D yang sangat dibutuhkan tulang. 

Demikianlah kira-kira beberapa makanan yang baik untuk menjaga tulang. Jangan lupa juga untuk terus menjaga pola hidup sehat lainnya. 

Komentar

  1. aku baru tau ternyata kentang termasuk yaa, pas banget aku suka makan kentang :9

    BalasHapus
  2. ku baru tau ternyata kentang baik untuk tulang ya, untung aku suka :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...

Postingan populer dari blog ini

Sensasi Memikat Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

HONOR 8A Kenyamanan Dalam Mendengarkan Musik

Ibu Waspada Dan Sigap Melawan DBD