Rabu, 16 Desember 2020

Atasi Stress Pada Ibu Hamil



Menjadi ibu hamil adalah salah satu kebahagian yang tak terlukiskan bagi seorang wanita. Maka dari itu sudah selayaknya jika kita terus memperhatikan kehamilan tersebut. Mulai dari asupan makanan yang dikonsumsi, rutin cek ke dokter atau bidan dan lain sebagainya. Bahkan kita juga bisa mencari refrensi kesana kemari demi terus menjaga kehamilan tersebut. Apalagi diera digital seperti saat ini. Tinggal diketik dan cari dihalaman pencarian. Akan tetapi tetap harus dipertimbangkan dan dicari tahu juga lebh dalam mengenai kebenarannya. Jangan kita asal sembarang cerna juga ya, Moms.

Salah satu hal yang tidak bisa dikesampingkan bagi ibu hamil adalah mengenai mengelolah stres. Stres saat hamil bisa berdampak buruk dan sangat mempengaruhi kondisi janin di dalam kandungan. Nah, berikut ada beberapa hal sederhana yang bisa membuat kita mampu mengontrol stres, yaitu :

Pastikan istirahat yang cukup 
Memperhatikan istirahat dapat menjadi salah satu hal yang bisa menghindarkan bumil dari pikiran stres. Akan tetapi perlu bumil ingat ya untuk menghindari tidur dipagi hari hal ini dapat menyebabkan insomnia, lesu, gangguan pada metabolisme serta sulitnya konsentrasi bagi bumil. Bahkan juga bisa mengakibatkan sakit kepala dan kelebihan cairan ketuban. 

Bercerita dengan pasangan 
Curhat dengan pasangan bisa menjadi salah satu hal yang juga bisa menghindarkan stres bagi bumil. Dengan bercerita dan berbagi dengan pasangan akan timbul rasa saling berbagi. Sertaa dengan bercerita juga bisa menghilangkan rasa khawatir berlebihan yang bisa jadi menjadi beban bagi bumil. 

Jangan lupa lakukan olahraga ringan 
Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan bagi bumil akan tetapi juga baik untuk mengalihkan pikiran yang bisa memicu stres bagi bumil. Olahraga ringan yang bisa diakukan oleh bumil seperti jalan kaki jarak pendek, senam hamil, yoga dan lain sebagainya. 

Lakukan Meditasi dan Peregangan 
Meditasi adalah hal yang juga tidak bisa ditinggalkan dalam mengatasi stres. Selain itu meditasi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dengan meditasi, kita bisa mengontrol dan belajar memfokuskan pikiran. Rutin melakukan meditasi bisa memberikan efek dari khawatir dan stres hilag karena kita bisa mengontrol emosi. Jika merasa stres, kita bisa duduk atau berbaring, lalu tutup mata, tarik nafas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan melalui mulut sambil memperhatikan naik turunnya dada. Latihan ini bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun serta lakukan sesering mungkin karena meditasi baik untuk menenangkan sistem saraf kita yang tegang. 
Tidak hanya meditasi, peregangan juga baik dalam pengolahan stres bagi bumil. Dengan melakukan peregangan saat hormon yang dilepaskan ketika stres yang membuat otot tegang dan mengencang, peregangan bisa menjadi salah satu cara yang bagus dalam membuat tubuh kembali rileks. Hormon endorfin yang dihasilkan selama melakukan peregangan ini mampu memberikan efek positif seperti rasa bahagia serta mengurangi rasa sakit. 

Lakukan Hobimu 
Dengan menyalurkan hobi, bumil bisa melampiaskan stres yang melanda. Melakukan hal-hal yang disukai tentunya adalah suatu hal yang tidak kalah pentingnya.  

Jika ibu hamil merasa stres dan memikul beban yang terlalu berat sendirian apalagi sampai memendamnya, hal tersebut tentunya akan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Tidak hanya ibu hamil saja yang rentan dengan akibat yang rasakan ketika stres, setiap orang pasti akan merasakan dampak buruknya. Jika pada ibu hamil, depresi, gelisah dan stres akan memberikan dampak pada terganggunya perkembangan dan pertumbuhan pada janin. Stres sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor lingkungan, tubuh bahkan pikiran kita sendiri. 

Maka dari itu alangkah baiknya kita bisa mengolah stres dengan baik sehingga mengurangi resiko yang berdampak tidak baik pada kita suatu saat nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...

Serum SCARLETT, Menjawab Kebutuhan Kulit Wajahmu

Sebenarnya, saya bukan tipe orang yang pintar merawat kulit wajah apalagi paham apa itu skincare.  Dari zaman dulu, zaman sekolah menengah p...