Jumat, 06 September 2019

Optimalkan Tumbuh Kembang Bayi Sejak Dalam Kandungan


Orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya terlahir sehat, sempurna dan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Tentunya itulah yang diharapkan oleh semua orang tua. Bisa dibilang itulah harapan terbesarnya. Segala cara akan orang tua lakukan demi mewujudkan hal tersebut. Namun tahukah kita bahwa kecerdasan bayi bisa mulai kita bentuk sejak dalam kandungan? Nah, inilah hal-hal yang tidak bisa kita anggap enteng ketika sedang hamil. Karena anak yang cerdas dan memiliki tumbuh kembang yang baik bisa dibentuk sejak dalam kandungan. 

Anak yang tumbuh kembangnya baik tentunya tidak luput dari peran besar ibu yang mengandungnya. Ibu yang cerdas bukanlah ibu yang selalu tahu akan tetapi ibu yang cerdas adalah ibu yang selalu mencari tahu dan haus akan ilmu demi masa depan anaknya kelak. Sebagai ibu yang haus akan ilmu yuk mari kita belajar bersama apa saja hal yang harus kita perhatikan demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Kita mulai dari sejak dalam kandungan ya. 

Konsumsi Makanan Bergizi 
Makanan yang bergizi tentunya bukan hanya untuk ibu hamil saja ya. Makanan bergizi adalah hak setiap manusia. Memakan makanan yang bergizi tentunya sangat memberikan pengaruh baik, baik itu untuk ibu itu sendiri ataupun juga bayi yang ada di dalam kandungannya. Seperti mengkonsumsi ikan, telur, sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, yogurht dan buah dan lain sebagainya. Semuanya bisa kita variasikan sesuai dengan ebutuhan yang diperlukan kita. Apalagi jika makanan tersebut banyak mengandung DHA yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangan otak.  

Bangun Komunikasi Dengan Anak 
Eitss jangan salah ya. Si bayi yang masih di dalam kandungan saja sudah bisa diajak berkomunikasi loh. Yah meskipun belum bisa dijawab secara langsung tetapi biasanya bayi yang sudah berusia 16 minggu sudah bisa memberikan respon seperti menendang-nendang perut. Sejak usia menginjak 16 minggu perkembangan pada janin sudah semakin baik. Janin sudah bisa mendengar. Semakin bertambahnya usia kandungan tentunya akan semakin baik pula perkembangannya. Jadi kita jangan sampai melalaikan perbuatan kecil ini ya. Bahkan bayi sudah bisa mengenali suara ibunya sejak didalam kandungan loh . Kita bisa sesering mungkin mengajaknya berbicara ataubahkan mengelus-elus perut kita. Bayi yang didalam pasti jadi semakin senang dan nyaman. 

Perdengarkan Musik 
Sepertinya hal ini sudah tidak asing lagi kita dengar ya. Bukan hanya orang dewasa saja ya yang ternyata menyukai musik. Janin saja sudah menyukainya. Dengan mendengarkan musik, kita bisa memicu hormon bahagia yang tentunya saja akan semakin membuat janin merasa nyaman dan tenang. Akan tetapi jangan stel musik yang keras ya. Kita saja tidak nyaman apalagi sang janin. Kita juga bisa kok mencoba menyanyikan lagu sederhana untuk sang janin. 

Lakukan Olahraga Ringan
Hamil bukanlah menjadi halangan bagi seseorang untuk bermalas-malasan dan hanya berdiam diri tanpa melakukan aktifitas. Melakukan olahraga ringan ketika sedang hamil bisa menjadikan hal positif yang bisa dilakukan. Tidak hanya sehat bagi sang calon ibu akan tetapi juga janin pun akan sangat terbantu tumbuh kembangnya. Saat berolahraga ketika hamil, hormon yang kita keluarkan ketika berolahraga akan menembus plasenta yang bisa mengalirkan zat-zat yang akan mendatangkan perasaan bahagia. Olahraga juga tentunya akan  bisa membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh tanpa terkecuali ke janin. Dengan begitu, perkembangan janin pun akan lbih optimal pula. Apalagi jika olahraga ringan ini juga dilakukan hingga mendekati HPL. Bisa berjalan-jalan kecil meisalnya yang katanya bisa memberikan pengaruh ketika waktunya lahiran tiba.Oh iya, katanya juga ada penelitian yang mengatakan bahwa kalau berolahraga disaat hamil dapat meningkatkan neuron yang ada pada hipokampus bayi. Dimana Hipokampus ini adalah bagian dari sistem limbik yang berperan dalam kegiatan mengingat dan navigasi ruang. 

Jauhi Stres 
Yang tidak kalah pentingnya adalah menjauhi yang namanya stres. Jika sang calon ibu merasakan stres yang berlebihan hal itu bisa berakibat fatal dan mempengaruhi perkembangan janin. Untuk menjauhkan diri dari stres sang ibu bisa melakukan hal-hal yang positif seperti misalnya yoga, memanjakan diri sejenak dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, jalan-jalan, istirahat, belanja atau bahkan melakukan hobi yag disukai. 

Selain yang ada di atas, lakukan juga pemeriksaan rutin kepada janin. Supaya kit t ahu bagaimana dan sejauh apa perkembangan janin. Hal ini juga supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  Sebenarnya, suatu kehamilan akan lebih terasa semakin menyenangkan ketika kita berfikir bahwa saat ini kita sedang mengandung buah hati yang nantinya kan lebih mewarnai kehidupan kita. Tidak ada orang tua yang mengingikan keburuan akan anaknya. Menikmati masa kehamilan dengan enjoy dan mengikuti alur dengan santai. 

Semakin santai kita akan kehamilan (bukan berarti masa bodoh ya) semakin enjoy kita menjalaninya. Hamil itu salah satu awal membuka kehidupan kita kejenjang yang lebih bahagia lagi. Setelah hamil kita akan dihadapkan dengan kehidupan baru menjadi seorang ibu. Disanapun masih banyak hal-hal yang akan membuat kita semakin belajar lagi. Jadi, cukup berikan yang terbaik, lakukan yang terbaik menurut kita dan yang paling penting adalah anak sehat, bahagia dan bisa tumbuh dengan baik adalah kebahagian yang tiada duanya didunia.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...