Selasa, 03 September 2019

Amunisi Untuk Ibu Menyusui


Wah kayaknya kebanyakan isi tulisan saya saat ini seputaran menyusui, mengasihi, perkembangan yah anak dan nggak jauh-jauh dari sana yah. Harap maklum karena memang saat ini yang ingin saya shared sesuat yang benar-benar saya alami dan ingin berbagi kepada teman-teman sekalian. Berbagipun masih banyak salahnya. Mohon koreksi dan keberkenaannya untuk terus saling mendukung yah. 

Nah, kali ini saya lagi gereget sama printilan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan oleh kita, ibu-ibu yang sedang dalam kondisi menyusui. Kepeduliaan kita dalam memberikan ASI ekslusif di 6 bulan pertama bahkan kalau bisa hingga usia 2 tahun adalah hal yang sangat penting dan tak bisa kita anggap enteng. Memberikan yang terbaik untuk kebutuhan anak diusia 1000 hari pertama akan sangat mempengaruhi anak kedepannya. 

Kita sedikit banyak sudah tahu bagaimana hebat dan nikmatnya memberikan ASI ekslusif untuk anak kita. Tentunya, setiap ibu menginginkan kesuksesan dalam mengasihi, yes. Yang harus kita garis bawahi juga adalah salah satu kunci sukses yang terpenting diantara yang terpenting adalah rasa nyaman. Iya, rasa nyaman kita sebagai ibu tidak dapat disangkal mampu mempengaruhi ASI yang dihasilkan. Jadi, sebisa mungkin kita jauh-jauh dulu deh dari yang namanya stres. 

Kemudian, yang tidak kalah pentingnya juga adalah amunisi dalam segi makanan. Kendaraan saja yang menggunakan mesin butuh bahan bakar supaya bisa beroperasi masa kita yang mengandalkan tubuh karunia dari yang kuasa tidak mementingkan yang namanya nutrisi yang sehat, segar, lengkap, seimbang dan kalau bisa enak ya bu-ibu hehehhe. Oh iya, air putihnya pun juga jangan dilupakan ya. Tetap konsumsi air putih minimal 10 gelas perhari. Karena kita sangat membutuhkan cairan. 

Bagi yang hobi mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein apa lagi yang beralkohol sebaiknya dikurangi atau kalau bisa berhenti dulu ya apalagi kalau itu alkohol. Hal ini karena kandungan yang ada didalamnya bisa mempengaruhi ASI karena mengalir masuk ke ASI. Bahan hal ini jga akan mempengaruhi volume ASI. Meskipun kita ibaratkan kandungannya hanya masuk sepersekian persen ke dalam ASI namun bagi bayi yang masih kecil hal itu sangat berpengaruh.  

Istirahat yang teratur juga menjadi hal yang penting dan perlu untuk diperhatikan. Memang diawal mengasihi, begadang dan bangun sering ditengah malam menjadi teman kita. Akan ttap sebisa mungkin jika anak tidur, kitapun juga harus memanfaatkan kesempatan itu untuk istirahat pula. Karena disaat seperti ini kita bisa menjadi sangat sensitif. Jika kondisi fisik dan mental kurang nyaman dan enak maka akan angat mempengaruhi mood kita. 

Dan terakhir yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk memberikan me time. Memiliki waktu untuk memanjakan diri sendiri untuk menghilangkan stres, lelah, mengantuk dan dari hal-hal yang baru yang bisa saja membuat kita kagok sangatlah membantu kita. 

So, sekalai lagi selamat menjadi ibu siaga dan semangat menyusui para bu-ibu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...