Senin, 21 Mei 2018

ASI Eksklusif Untuk Si Kecil



"Sayang, jangan berisik dulu yah. Acaranya mau dimulai".
"Panas yah sayang, yah"
"Dek, liat itu. Itu apa yah" 
Beginilah kira-kira percakapan emak emak nenangin anak bayi 4 bulan yang masih belum bisa merespon atau bahkan jawab langsung (wah gawat kalau beneran kejadian heheheh) waktu ngajak di adek ikut kegiatan.

Jadilah mondar-mandir kayak setrikaan demi memberikan kenyamanan yang hakiki buat si bayi unyuk-unyuk ini 😆😆. Kadang kitanya ajak duduk salah, diajak tegak mulu kan pegal yak, digendong kain masih grasak grusuk. Bosan kali yak berjam-jam diunyel-unyel mulu. Itulah kira-kira sepenggal keriwehan waktu ngajak si adek di Kopdar Perdana BLORAF (Blogger Rafflesia) sabtu lalu. 

Sebenarnya bukan tidak mempertimbangkan bagaimana nanti jadinya ngajak si bayi unyuk ini ngumpul. Gimana keadaan disananya. Nyaman tidaknya untuk si adek. Jauh dari asap rokok. Oh tidak mungkin. Emak-emak satu ini sudah jadi kayak orang plin plan setiap kali kalau harus ngajak adek keluar. Sebentar-bentar bilang kayaknya adek nggak usah di ajak deh yah. Kasian. 

Ehh belum kering tuh lidah bilang kayak begono si emak-emak satu ini udah berubah lagi. Kalau adek nggak diajak nanti kalau adek lapar gimana? Kita kan pasti lama. Maklumkan yah. Si adek masih ASI. Niat saya dan suami dari awal memang memberikan ASI eksklusif untuk adek. Begitulah sampai berulang-ulang mikirnya. Lama dan banyak pertimbangan. Sampai dikeputusan, yah udah lah adek ikut aja. Nanti kan sampai sore. Dan kebetulan juga sudah jadi rutinitas kalau malam minggu itu jadwalnya ngajak si adek nginap di rumah Mbahnya. Nanti yang ada kalau ditinggal malah emaknya lebih nggak konsen lagi. 


Mungkin bisa saja saat itu saya sendiri yang nggak usah ikut. Berhubung saya sudah mengisi formulir untuk datang ketika Kopdar Perdana BLORAF tersebut dan saya merasa sudah jadi hutang pribadi saya untuk datang pada saat itu. Itu sebuah komitmen yang bisa saya berikan bahwa saya juga ingin bergabung dan serius masuk dalam komunitas kece satu ini 😆😍😘

Yah meskipun ujung-ujungnya kita kagak konsen dan mengikuti sampai selesai acaranya sih. Karena si adek udah keburu bosan tingkat tinggi minta suasana baru. Jadilah berdua ngeloyor keluar, izinpun udah nggak lagi saking frustasi emaknya liat si adek grasak-grusuk. 

Sebenarnya, si adek bukan tipe anak yang rewel cuma yah itu, bayi satu ini mudah banget bosan. Jadi yah terkadang emaknya ini harus gesit ngeluarin kekuatan inovasi ide-ide baru supaya bosannya adek berubah jadi anteng lagi. 

Yah, beginilah salah satu kisah emak-emaak pejuang ASI yang pengen selalu eksis. Akan tetapi eksisnya bukan yang dalam arti membuang-buang waktu dengan hal yang tidak berguna. Belajar menjadi ibu bijak, bertanggung jawab, gesit, cakap, terampil dan pandai membaca situasi memanglah menjadi suatu keharusan. Bisa berkarir, bersosialisasi dan menjaga anak dengan kadar yang seimbang tentulah tidak gampang dan bisa jadi membutuhkan waktu. Karena semua memang butuh proses. Tapi percayalah seiring berjalannya waktu, semua akan berjalan seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...