Rabu, 25 April 2018

Yuk, Mendaki Gunung Kinabalu Bersama AirAsia

sumber: hipwee
Sebagai salah satu Gunung tertinggi di Asia Tenggara, tentu banyak yang ingin menginjakkan kakinya di Gunung Kinabalu, dan melihat secara langsung keindahan pemandangan dari atas ketinggian 4095 di atas permukaan laut, Gunung ini berada di Kota Kinabalu negara bagian Sabah Malaysia.

Gunung Kinabalu dapat diakses melalui penerbangan langsung dari Kualalumpur, Jakarta, Manila, Singapura dan Hongkong dengan membeli tiket pesawat Air Asia yang Sejak tahun 2009, Air Asia berhasil secara berturut-turut mendapatkan penghargaan dari Skytrax sebagai Maskapai Penerbangan Tarif Rendah Terbaik di Asia.

Gunung Kinabalu terdiri atas 4 kawasan yaitu hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Dengan tinggi Gunung Kinabalu yang lebih dari 4000 mdpl, maka banyak yang tertantang untuk menaklukannya, dengan medan yang memang tidak sesulit Gunung Semeru atau Kerinci, dan ditemani oleh guide professional, namun mendaki puncak gunung manapun tak pernah mudah.

sumber: tripexplore
Mengenai pengelolaan, jalur pendakian gunung Kinabalu ini juga terkenal sangat baik. Mulai dari peraturan hingga fasilitas di jalur pendakiannya dibuat dengan memperhatikan faktor kemudahan dan keamanan pendaki sekaligus perlindungan untuk kelestarian alamnya.

Untuk memulai pendakian, para calon pendaki wajib mendaftar di Kinabalu Parks Headquarters (1.564 mdpl) dan membayar sejumlah biaya yang telah ditentukan pengelola. Setelah pendaftaran selesai, para pendaki akan mendapatkan tanda pengenal yang berisi nama juga kode pendakian yang wajib dipakai selama jalur pendakian dan menunjukkannya setiap melewati check point. Karena pengelola hanya membuka satu jalur pendakian, sehingga memudahkan para pengelola untuk mengntrol setiap pendaki. 

Anda tak bisa dengan sembarangan mendaki Gunung Kinabalu karena pengelola membatasi jumlah pendaki sebanyak 130 orang setiap harinya. Setelah urusan registrasi selesai, para pendaki akan diantarkan menujun Timpohon Gate dan petugas kembali memeriksa tanda pengenal setiap peserta.

sumber: mountkinabalu
Selama jalur pendakian, rambu-rambu terpasang jelas. Jalur pendakian yang terawat dan terjaga kebersihannya. Anda tidak akan menemukan sedikitpun sampah, baik itu punting rokok, ataupun plastik pembungkus permen. Mulai tertarik untuk mendaki Gunung Kinabalu? Yuk, segera pesan tiket pesawat Air Asia sekarang.

Seperti larangan umum di setiap pendakian gunung yang melarang untuk buang sampah sembarangan, Gunung Kinabalu pun berlaku peraturan tersebut. Namun, lebih ditaati. Dan juga dilarang untuk mendirikan tenda. Selain tidak ada lahan datar untuk mendirikan tenda, pengelola juga sudah meyediakan penginapan.

Terdiri 6 shelter sepanjang 6 km jalur pendakian dari Timpohon menuju Laban Rata yang artinya setiap 1 km terdapat shelter yang memiliki kualitas yang sangat baik. Dilengkapi dengan kamar mandi yang bersih. 

sumber: tripfez
Untuk mencapai puncak memanglah tidak mudah, namun semua terbayar saat Anda sudah sampai dipuncak, kenakan pakaian tebal siapkan fisik yang prima, karena cuaca di atas Gunung Kinabalu sangatlah dingin.

Karena pengelolaan yang sudah sangat baik, Anda tak perlu repot membawa banyak perbekalan dan perlengkapan seperti hendak naik Gununng di Indonesia. Anda hanya perlu membawa ransel yang berisi perlengkapan pribadi, tak perlu membawa tenda karena sudah disediakan penginapan oleh pengelola, tak perlu pula membawa kompor atau bahan makanan, karena lagi-lagi semua makanan sudah disediakan oleh pihak pengelola. Karena biasanya jalur pendakian dimulai pada pukul 02.00 dini hari, maka pastikan Anda cukup istirahat, mempersiapkan mental dan fisik.

Jadi, sudah siap untuk menaklukan Gunung Kinabalu? Segera pesan tiket pesawat Air Asia di Traveloka bersama teman-teman pendaki Anda, dan selamat menikmati keindahan dan tantangan puncak Gunung Kinabalu.

3 komentar:

  1. mantaf, menuju Kinibalu hehehe

    BalasHapus
  2. Kelihatan harus perjuangan banget menuju ke puncaknya ... tapi sepadan dengan pemandangan indah alamnya ya ..
    Keren

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...