Sabtu, 09 September 2017

Warisan Budaya Bengkulu Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Foto By @jalanjalankitadotcom

Hari libur gini ngapain ya? Kemana? Nah yang lagi bingung mau kemana dan ngapain, saya tau solusinya. Dibanding bingung-bingung dan keliling nggak jelas mending ke tempat bersejarah. Eitts, jangan salah sangka dulu, tempat bersejarah ini dijamin nggak bakalan buat kamu, kamu dan kamuuu semua bosan. Karena apa? Karena di tempat besejarah ini selain kita bisa belajar banyak hal tentang sejarah kita juga tetap bisa kok bernasis ria jadi nggak menjemuhkan bin ngebosenin kan. 
Sebelumnya panjang lebar di atas ngomongin tempat bersejarah apa sih sebenarnya yang saya maksud? Ini nih. Namanya Benteng Marlborough. Berada di salah satu Provinsi yang ada di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Bengkulu. Benteng Marlborough atau bisa juga disebut Fort Marlborough merupakan peninggalan Inggris pada waktu zaman penjajahan lalu yang didirikan oleh East India Company di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet. 
Foto By @jalanjalankitadotcom
Tampak Halaman Di Dalam Benteng Marlborough

Dahulunya Benteng Marlborough ini difungsikan sebagai benteng pertahanan Inggris. Benteng ini berada di pusat kota Bengkulu. Yang membuatnya menjadi daya tarik tersendiri selain merupakan salah satu peninggalan pada zaman penjajahan letaknya yang strategis berada di pusat ibu kota juga berdekatan dengan lokasi objek wisata alam yang lainnya yaitu pantai zakat dan pantai tapak paderi. 
Setibanya di Benteng Marlborough ini, kita akan disambut oleh jembatan yang menjadi akses masuk melewati pintu depan benteng. Bentuknya yang unik karena sekali lintas ketika kita melihat kesekelilng dekat jembatan kita akan merasa melihat parit nan hijau. Maju lagi kedepan, kita akan melihat gerbang besar yang berwarna hitam yang semakin menunjukkan kesan mewah nan kokoh yang menjadi salah satu benteng pertahanan pada masanya. Semakin masuk lagi kedalam aka tampak pemandangan rumput hijau yang asri dengan disekeliling jalan dikelilingi tanaman yang semakin menambah indah pemandangan. Di tengah-tengahnya terdapat beberapa meriam. 
Foto By @jalanjalankitadotcom

Di Benteng Marlborough ini jika kita naik ke atas selain berjejer pula beberapa meriam seperti kita lihat di bagian bawah akan tampak pemandangan alam yang tidak kalah menakjubkan. Warna laut nan biru semakin membuat kita ingin terus berlama-lama untuk berada di atas sana. Namun, saya menyarankan untuk sedia topi karena meskipun angin terkadang terasa sepoi-sepoi matahari tetap menjalankan tugasnya dengan sangat baik menyinari bumi. Yang mengartikan kita akan terasa kepanasan dan akan membakar kulit kita jika terkena paparan sinar matahari langsung dari atas benteng. Meskipun ingin menikmati alam tetap ingin terlihat oke kan. Jangan pulang-pulang malah bawa gosong muka. hehhehe

Foto By @jalanjalankitadotcom
Oh iya info yang nggak kalah pentingnya, jika kita melihat Benteng Marlborough dari atas akan secara keseluruhan Benteng Marlborough akan terlihat seperti kura-kura. 
Meskipun Benteng Marlborough ini merupakan salah satu situs bersejarah namun pemerintah tetap menjaga dan melestarikannya dengan cara memberikan inovasi-inovasi yang baru seiring dengan perkembangan zaman. Meskipun ada inovasi yang baru tetap tidak menghilangkan keunikan serta tetap menjaga keaslian bangunan. Beberapa inovasi baru yang ada di benteng Marlborough ini adalah Ruang Pameran, Ruang Audiovisual dan Perpustakaan. Dulunya memang sudah ada ruang pameran hanya saja sekarang semakin dikemas menjadi lebih menarik lagi supaya para wisatawan lokal maupun non-lokal semakin menikmati dan nyaman belajar mengenai sejarah. 
Foto By @jalanjalankitadotcom
Ini foto anak-anak Bobe alias Blogger Bengkulu yang sedang berada di ruang audiovisual saat menjadi tamu undangan dari Media Center Provinsi Bengkulu

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog dan #NulisSerempak Warisan Sejarah Budaya Bengkulu 

20 komentar:

  1. wah keren dan camkohaaa ini, salah satu saksi kehadiran kolonial Inggris di Indonesia

    BalasHapus
  2. Fort Marlborough emang keren ya kak

    BalasHapus
  3. Asik ad visualnya, pngetahuan langsung lwat media

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Semakin menunjang fasilitas wisata ya

      Hapus
  4. Bener banget mba dari pada hang out yang tanpa tujuan mending langsung ke wisata sejarah aja. Bener nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul itu kak. Selain nambah wawasan kita jg gk bakal bosan kalo kesini

      Hapus
  5. Mantap. warisan budaya yang ada di Bengkulu ini harus terus di Lestarikan, terutama kita sebagai warga Bengkulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah pasti kak. Bangga sama bengkulu

      Hapus
  6. Keren ya mbak. Sekarang udah ada ruang audiovisual di benteng marlborough. Bisa mengedukasi dengan cara yang fun nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak. Semakin bnyak inovasi nya. gk bosan kita ke sananya

      Hapus
  7. istagramable bgt mbk.. tempat ny keereeen.. hehe

    BalasHapus
  8. warisan budaya seperti ini harus dijaga,, agar gak rusak dan punah oleh perkembangan zaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak. Betul banget. Setuju sekali saya

      Hapus
  9. Ternyata kalau dari atas berbentuk kura-kura, ya? Nice info.

    BalasHapus
  10. Kereen. Sdh lama saya gak main ksana, terakhir kl gak salah pas tahun 2014. Jadi makin cinta ama Bengkulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ke bengkulu lagi kak. Mudik mudik heheehe

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan coret coret komentarnya ya ...